31 C
Semarang
Sabtu, 15 Mei 2021

Pencurian Anting-Anting Berakhir Damai

SALATIGA-Akibat berulah mengambil dua pasang anting-anting, seorang perempuan warga Tuntang, Kabupaten Semarang berinisial DE terpaksa berurusan dengan Polsek Sidorejo. Beruntung, karena harga barang curian hanya Rp 47 ribu, pihak berwajib memutuskan dilakukan mediasi. Akhirnya disepakati kasus ini berakhir damai dan pelaku hanya menjalani wajib lapor.

Perkara tersebut bermula, saat DE sedang belanja hiasan dinding di toko Marvel Jalan Diponegoro, Kota Salatiga. Sesudah membayar barang yang dibeli, ia keluar toko. Ternyata alarm deteksi barang yang dipasang di toko tersebut berbunyi.

Akibat berbunyi, karyawan toko langsung menggeledah saku celana DE dan menemukan 2 pasang anting-anting yang belum dibayar. Secara spontan pelaku yang sudah mengakui, bermaksud membayar barang curian tersebut. Namun pemilik toko tidak bersedia. Untuk memberikan efek jera, pihak toko melaporkan kejadian itu ke Polres Salatiga, yang akhirnya dilimpahkan ke Polsek Sidorejo.

Kapolsek Sidorejo AKP Jumaeri langsung memerintahkan anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Salatiga Aiptu Darsono untuk mengadakan mediasi dengan pihak terkait. Sebab nilai barang yang dicuri relatif murah, yakni Rp 20 ribu dan Rp 27 ribu. Akhirnya terjadi kesepakatan damai antara pelapor dan terlapor.

“Tindakan kriminal tidak harus diselesaikan di meja hijau. Apalagi kasus tersebut hanya mengalami kerugian sebesar Rp 47 ribu, bagaimanapun selama pihak-pihak terkait menyetujui perdamaian, akan kami selesaikan dengan jalan mediasi,” kata Jumaeri, Jumat (3/2).

Sementara itu, Kepala Toko Marvel, Sri Mulyani menyatakan, sekalipun kasus pencurian tersebut nominal yang dicuri tidak seberapa, karena sudah ada niat dan pemikiran untuk mencuri maka harus diberi pelajaran dan tindakan tegas. “Kami berharap dengan kejadian ini dan perjanjian yang sudah dibuat pelaku bisa kapok dan tidak mengulangi lagi,” kata Sri. (jks/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here