31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Terkendala Tiang, Jembatan Tak Berfungsi Maksimal

SEMARANG – Pembangunan Jembatan Kemadu, Jalan Wadaslintang – Selokromo, Wonosobo sudah rampung akhir 2016 lalu. Namun, sampai saat ini jembatan yang dibangun dengan anggaran APBD Jateng Rp 7,372 miliar itu, belum bisa digunakan secara optimal. Pasalnya masih ada tiga tiang listrik yang berdiri di tengah-tengah jalan menuju jembatan itu.

Adanya tiang listrik itu menimbulkan keprihatinan jajaran Komisi D DPRD Jateng saat melakukan kunjungan ke lokasi, Senin (30/1) lalu. ”Masih adanya tiga tiang listrik di tengah jalan itu, jelas sangat mengganggu masyarakat. Keberadaannya bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” kata Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri.

Menurut Alwin, kondisi tersebut terjadi karena kurangnya koordinasi antara Dinas Bina Marga, kontraktor, dan pihak ketiga yakni PLN. Jika koordinasi ketiga pihak dibangun sejak awal, tentu permasalahan ini bisa selesai pada saat peresmiannya kemarin.

”Pihak Bina Marga tentunya fokus mengawal kontraktor dari aspek pembangunannya. Seharusnya tidak boleh mengabaikan koordinasi dengan pihak ketiga. Paling sering dengan PLN, kadang dengan Telkom dan PDAM,” kata politisi PDIP itu.

Padahal, kata dia, Pemprov Jateng lewat Dinas Bina Marga telah membayar biaya pemindahan tiang kepada PLN. ”Biaya pemindahan sudah dikeluarkan sebesar Rp 45 juta untuk 3 tiang tapi karena kurang koordinasi sehingga sampai sekarang belum tuntas,” terangnya.

Anggota Komisi D DPRD Jateng Moch Ichwan menambahkan bahwa selain kendala adanya tiang di tengah jalan, Jembatan Kemadu membutuhkan dinding penguat tebing. Dia berharap dengan anggaran dari Balai Pelaksana Teknis Bina Marga bisa segera direalisasikan. ”Kondisinya saat ini, bukit bekas kerukan setinggi 50 meter belum diberi pengaman. Ini harus diatasi karena rawan longsor,” kata Ichwan.

Dia menjelaskan, proyek Jembatan Kemadu adalah proyek duplikasi jembatan lama sejumlah tiga jembatan yang menjadi jalur alternatif Wadaslintang-Kebumen. (ric/adv/ida/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here