31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Pastikan Seluruh SMP/MTs Penuhi Syarat

SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang optimis pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Mei 2016 mendatang bisa berjalan lancar sesuai dengan arahan Kemendikbud.

Wakil Wali Kota Semarang, Haevarita Gunaryanti Rahayu mengatakan jika Pemkot Semarang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) bisa menjalankan ujian nasional berbasis komputer atau UNBK. ”Disdik kan sudah biasa menggelar UNBK, nanti akan dicek lagi, UPTD pendidikan kan juga tidak berubah, minimal bisa berjalan dengan baik dan lancar,” katanya kemarin.

Wanita yang akrab disapa Mba Ita ini menjelaskan, arahan dari Kemendikbud untuk menyelenggarakan UNBK, mengatur regulasi setiap sekolah harus memiliki minimal 20 unit komputer. ”Karena SMA/SMK diambil alih oleh provinsi, kita bisa fokus menyelenggarakan UNBK. Jadi dipastikan bisa berjalan dan tidak ada masalah,” ungkapnya.

Disdik saat ini terus melakukan pemetaaan dan pendataan sekolah yang siap melakukan UNBK. Menurutnya, hampir semua SMP atupun MTS di Kota Semarang memiliki fasilitas komputer, sehingga ditargetkan 100 persen sekolah yang ada di Semarang bisa melaksanan UNBK. ”Kalau sudah punya 20 komputer dan 1 server, mekanismenya bisa bergantian dengan siswa lainnya atau menggunakan sistem shift. Saat ini terkait fasilitas dan kesiapannya terus dilihat oleh dinas,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin mengungkapkan, minat sekolah untuk melaksanakan UNBK cukup tinggi lantaran hampir semua sekolah memiliki fasilitas komputer sebanyak 20 unit. ”Pelaksanaannya tidak sama kan terkait UNBK, SMP nanti bulan Mei, sedangkan SMA April. Kalau memang kekurangan komputer bisa menginduk ke sekolah terdekat atau meminjamnya,” ujar Bunyamin.

Karena UNBK secara nasional tingkat SMP akan dilaksanakan serentak, Disdik pun terus melakukan verifikasi terkait tempat ujian dan server di masing-masing rayon. ”Total jumlah siswa SMP yang masuk data mencapai 26 ribu. Itu sudah termasuk dengan MTs. Semoga pelaksanaannya nanti lancar,” tutupnya. (den/zal/ce1)

Latest news

Related news