31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Siswa Ngaku Senang Ikut Hizbul Wathan

MUNGKID – Sebanyak 475 siswa kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah Muntilan, Kabupaten Magelang, siap membela Tanah Air. Saat ini, mereka sedang mempersiapkan diri menjadi generasi muda yang unggul dan berakhlak mulia.

Keseriusan tersebut dibuktikan dengan aktif mengikuti kepanduan Muhammadiyah, Hizbul Wathan (HW) tiap Kamis. Sekitar 10 pembina, mengampu kegiatan ekstrakurikuler itu dengan aysik. Tujuannya, agar materi-materi diterima dengan mudah oleh para siswa.

Winarti, salah satu Pembina HW menjelaskan, HW mengajarkan beragam kegiatan, juga kebiasaan. Hal itulah yang akan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Paling utama, para siswa mampu menghamba kepada Allah SWT. “Untuk membela negara, tidak hanya dibutuhkan kekuatan fisik saja. Tapi harus dibekali dengan keyakinan tauhid, akhlak mulia, serta ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Winarti, kemarin.

Dengan begitu, akan selaras dengan harapan KH. Ahmad Dahlan yang mendirikan HW pada 1918 silam di Jogjakarta. Dikatakan, HW memiliki arti Pembela Tanah Air. “Rasa nasionalisme siswa harus ditumbuhkan sedini mungkin. Tapi, agar perjuangannya bernilai ibadah, maka harus diimbangi dengan meningkatkan religiusitas diri.” Usai kegiatan, para siswa melaksanakan salat Ashar berjamaah.

Kepala SMP Muhammadiyah Muntilan, Muhammad Hasbi mengamati, anak-anak, remaja, hingga pemuda, banyak yang tertarik bergabung dengan HW. Di antaranya, telah menjadi anggota. “Mereka merasakan banyak mendapat maslahat, manfaat, dan keuntungan menjadi Pandu HW. Tidak sedikit anggota HW yang percaya diri dan memiliki kepribadian yang baik, serta menjadi warga masyarakat yang berguna.”

Apa pendapat siswa tentang HW? “Kegiatan ini sangat menyenangkan. Kami bisa belajar kekompakan, kebersamaan, dan disiplin. Yang paling seru saat kegiatan perkemahan,” ucap Anisa Noviana, siswa kelas VII E. (put/isk)

Latest news

Related news