31 C
Semarang
Rabu, 5 Mei 2021

Satgas Telusuri Laporan Pungli

TEGAL-Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Gedung Adipura, Komplek Balai Kota Tegal, beberapa waktu lalu. Sejak dikukuhkan, Satgas mencatat ada satu laporan terkait dugaan pungli yang disampaikan masyarakat. Namun, laporan tersebut disampaikan ke Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Tengah.

Meski disampaikan ke provinsi, Satgas Saber Pungli Kota Tegal menyatakan telah melakukan penelusuran. “Setelah ditelusuri, unsur dugaan tersebut tidak terbukti,” kata Unit Penindakan Satgas Saber Pungli Kota Tegal AKP Aris Munandar, saat wawancara usai mengisi acara Wali Kota Menyapa di Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Sebayu FM, Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (30/1) kemarin.

Aris lalu mengimbau masyarakat agar tidak segan-segan melaporkan ke Satgas Saber Pungli Kota Tegal apabila mengetahui adanya pungli. Pihaknya memberikan wadah pelaporan, antara lain melalui website Dishubkominfo. Satgas, selanjutnya akan membuka kantor sekretariat.

Dia menambahkan, pelapor disarankan untuk tidak ragu melampirkan identitas yang jelas. Hal itu akan membantu Satgas dalam melakukan pengembangan. “Tidak usah takut melampirkan data diri, karena keamanan pelapor dijamin. Bahkan, jika diperlukan dapat dikoordinasikan dengan LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban),” ungkapnya dalam acara Wali Kota Menyapa dihadiri wali kota, Plt Sekda, kepala SKPD, jajaran pengarah Satgas, dan perwakilan pelajar.

Wali Kota Tegal Siti Masitha dalam materinya menyampaikan bahwa tujuan dikukuhkannya Satgas Saber Pungli sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, agar masyarakat mendapatkan perlindungan dan kepastian hukum. Wali kota menginstruksikan untuk melakukan penelusuran potensi pungli secara menyeluruh di semua SKPD. “Saya juga memerintahkan seluruh pimpinan SKPD untuk menjaga integritas lembaga pemerintah, dengan turut memberantas celah-celah pungli,” tegasnya.

Susunan keanggotaan Saber Pungli diatur dalam Keputusan Wali Kota Tegal Nomor 700/002/2017, tertanggal 13 Januari 2017. Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kota Tegal dijabat Kompol Ibnu Bagus. Wali kota sebagai penanggung jawab, sedang jajaran pengarah terdiri dari Kajari Tegal, Dandim 0712/Tegal, Danlanal, Kapolres Tegal Kota. Adapun, Satgas Saber Pungli terdiri dari unit intelijen, pencegahan, penindakan, dan yustisi. (nam/jpg/ida)

Latest news

Related news