31 C
Semarang
Sabtu, 15 Mei 2021

Mantan Kepala UPTD Kasda Jadi Tersangka

SEMARANGSatu lagi tersangka kasus dugaan korupsi uang kas daerah (kasda) Rp 22 miliar milik Pemerintah Kota Semarang. Setelah menetapkan Dia Ayu Kusumaningrum, kini giliran Dody Kristanto, mantan kepala UPTD Kasda DPKAD Kota Semarang, menjadi tersangka.

 ”Iya sudah diperiksa sebagai tersangka. Ini masih ditangani oleh penyidik,” ungkap Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Wiyono Eko Prasetyo kepada Jawa Pos Radar Semarang Senin (30/1) kemarin.

Kasubnit Tipikor Polrestabes Semarang Iptu Arif Setiawan menjelaskan penetapan Dody Kristanto sebagai tersangka sudah sejak akhir 2016. Namun pemeriksaan baru dilakukan saat ini. ”Sudah sekitar tiga mingguan (penetapan). Awal tahun (2017) tahun ini pemeriksaan sebagai tersangka,” tegasnya.

Faktor penetapan tersangka ini, Arif mengatakan tersangka Dody dinilai kurang kehati-hatiannya dalam menjalankan tugasnya. Dody masih menyetorkan uang dari Kasda tersebut kepada Diah Ayu Kusumaningrum yang ternyata sudah tidak lagi bekerja sebagai personal banking di sebuah bank swasta di Semarang.

”Perannya dia (Dody) karena tidak hati-hati dalam menyetorkan uang. Padahal si Diah sudah pindah. Penetapan tersangka ini juga salah satunya dari penuntut jaksa,” jelasnya.

Arif menjelaskan, pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai bahan pengembangan serta verifikasi pemberkasan. Selain itu, pihak penyidik Polrestabes Semarang juga masih terus mengumpulkan saksi-saksi terkait kasus dugaan korupsi ini. ”Sekarang sudah melengkapi saksi-saksi. Masih dalam verifikasi pemberkasan,” ujarnya sembari menambahkan masih mengembangkan kasus tersebut.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka dalam kasus ini akan bertambah. ”Dari petunjuk jaksa ada dugaan mengarah ke tersangka lain juga,” katanya. (mha/zal/ce1)

Latest news

Related news