31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Desak Dinas Segera Lelang Proyek

SEMARANG – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mendesak seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar melakukan lelang proyek fisik maupun nonfisik secepatnya. Dengan begitu, program yang telah disusun bisa klir tahun ini.

Dari hasil evaluasi pelaksanaan APBD 2016, masih banyak program kegiatan di SKPD yang tidak dijalankan. Setidaknya ada 28 SKPD (SOTK lama) yang belum menyelesaikan programnya secara 100 persen.

Ada empat program kegiatan yang tidak dilaksanakan, dan 115 program kegiatan yang belum diselesaikan. Dari angka itu, paling banyak ada di Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika.

”Kami mau 2017 ini ada percepatan. Sebenarnya 2016 kemarin sudah bagus, tapi kali ini harus dipercepat lagi. Kalau lelang lebih awal, penyusunan RKO (Rencana Kerja Operasional) bisa lebih detail,” tegasnya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Pemprov Jateng, Tavip Supriyanto menjelaskan, banyaknya program kegiatan yang belum diselesaikan oleh SKPD, karena penetapan target untuk kegiatan fisik dalam RKO kurang realistis. Selain itu, masih dijumpai SKPD yang melakukan proses pengadaan barang/jasa di triwulan III. ”Jadi kalau gagal lelang, waktunya sudah tidak cukup untuk melakukan pengerjaan,” ungkapnya. (amh/ric/ce1)

Latest news

Related news