31 C
Semarang
Sabtu, 15 Mei 2021

Berebut Motret Barongsai Makan Angpao

MAGELANG – Kelincahan tiga barongsai singa emas dari TITD Liong Hok Bio Kota Magelang menghipnotis penonton yang memadati atrium Artos Mall Magelang, Sabtu lalu. Selain bermain di arena, liong dan barongsai mengambil angpao yang terpasang di beberapa tenant mal.

Gerakan singa memakan amplop yang berisi uang itu disebut lay see. Meskipun gerakan itu sulit, penonton tak menghiraukan. Sebagian dari mereka malah nekat berfoto ria saat barongsai mencoba meraih angpao. Para petugas keamanan mal juga cukup kesulitan menyibak penonton yang terus-menerus mengikuti kesenian tradisional Tionghoa ini berkeliling.

“Kalau nggak nekat, nggak dapat foto sama barongsainya. Kan jarang-jarang ada acara seperti ini,” ujar Astutik, 35, warga Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Pantauan koran ini, acara yang bertajuk Acrobatic Liong Dance itu cukup sukses. Penyelenggara juga berkali-kali mengimbau penonton agar tidak menempel pagar kaca lantai lower ground (LG) dan upper ground (UG). Tetap saja penonton membandel hingga pertunjukan selesai.

Marketing Manager Artos Mall, Saparina Trihapsari mengatakan, acara ini diselenggarakan setiap tahun untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Di awal 2017 ini, perayaan Imlek masuk pada tahun ayam api.

“Mal juga sebagai tempat rekreasi, sehingga kami sering menggelar hiburan disesuaikan hari besar yang ada. Salah satunya acrobatic liong dance saat Imlek,” tambahnya.

Menurutnya, pertunjukan liong dan barongsai menyedot hingga 20 ribu penonton. Dampak positifnya, menarik pengunjung untuk berbelanja di tenant maupun island mal. Selanjutnya, rangkaian Imlek in Harmony masih berlangsung hingga Cap Go Meh. Liong dan barongsai dijadwalkan akan tampil lagi pada 12 Februari mendatang. (put/lis)

Latest news

Related news