31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Sosialisasi Safety Riding Lewat Lomba

KENDAL—Satlantas Polres Kendal punya cara unik mengajak anak-anak muda sadar berlalulintas. Yakni, dengan menggelar lomba safety riding atau cara berkendara aman antar sekolah tingkat SMA/SMK sederajat di Kendal, Minggu (29/1) kemarin. Meski diwarnai rintik gerimis, namun lomba berlangsung semarak.

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Agus Triyono, mengatakan, lomba safety riding antar SMA/SMK di Kendal baru kali pertama digelar. “Lomba ini sekaligus menjadi kegiatan sosialisasi kami kepada generasi muda agar mengetahui cara berkendara yang aman di jalan raya,” ujarnya.

Lomba tahap pertama ini  diikuti peserta dari tujuh sekolah, yakni SMA 1 Kendal, SMA 2 Kendal, SMK 1 Kendal, SMK 2 Kendal, SMA 1 Kaliwungu, SMA 1 Weleri, dan SMA Muhammadiyah 1 Weleri. “Rencanaya akan terus kami lakukan, merata di seluruh sekolah setingkat SMA di Kendal.” tandasnya.

Beberapa tantangan dalam lomba tersebut, yakni siswa harus melewati sejumlah rintangan. Seperti  jembatan titian, jalan zig-zag dengan menghindari balok kayu, tikungan tajam, dan mengendarai motor mengelilingi lingkaran yang membentuk angka delapan.

Sosialisasi cara berkendara aman di jalan raya ini, menurut Agus, penting. Hal ini sebagai salah satu upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Sebab, kasus laka lantas yang melibatkan kalangan pelajar masih mendominasi.

“Kami berharap peserta lomba safety riding ini bisa ikut menyosialisasikan cara berkendara yang aman kepada teman-teman sekolahnya” harapnya.

Kanit Dikyasa Polres Kendal, Ipda Imam Sofyan, menambahkan, sebelum lomba, dilakukan seleksi di masing-masing sekolah. Setiap sekolah diambil tiga siswa untuk maju ke babak grand final. “Selain lomba safety riding ini,  kami juga menggelar kopi darat bersama klub motor di Kabupaten Kendal. Jumlah peserta kopi darat sekitar 500 orang,” tuturnya.

Dalam lomba kemarin, siswa SMA 1 Weleri, Adiatma, keluar sebagai juara I. Adiatma mampu menyingkirkan 17 peserta lainnya. (bud/aro)

Latest news

Related news