31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Lantai Atas Pasar Sampangan Mangkrak

SEMARANG – Pasar Sampangan Baru di Jalan Menoreh Raya Semarang telah difungsikan. Namun dari empat lantai yang ada, lantai atas tidak digunakan hingga sekarang dan terancam mangkrak.

Dari total empat lantai, paling bawah yakni basement difungsikan untuk menjual peralatan rumah tangga, buah-buahan serta sayuran. Lantai 1 diisi oleh penjual baju dan jajanan, serta daging di bagian belakang. Sedangkan lantai 2 terdapat penjual sembako.

Sayangnya, lantai 3 tidak difungsikan. Sebenarnya lantai 3 diperuntukkan area penjual makan jadi atau food court. Tetapi, entah tampaknya tak ada penjual makanan jadi yang meminati. ”Mungkin karena di lantai 3, pedagang yang jual makanan itu kan berat bawanya, jadi males. Orang juga malas, kalau makan harus ke lantai 3 dulu,” ujar salah satu pedagang, Eko Priyanto.

Akses untuk menaikkan barang sebenarnya ada di bagian belakang pasar, dengan disediakan jalan naik yang dapat memuat satu mobil. Namun pedagang telanjur pesimistis jika nantinya tak ada pembeli yang mau naik sampai lantai 3.

Secara umum kondisi Pasar Sampangan Baru ini cukup bersih dan jauh dari kesan kumuh seperti pasar tradisional pada umumnya. Di setiap lantai terdapat tempat sampah yang digunakan dengan baik.

Melani, salah satu pedagang juga menceritakan, bahwa pengelola pasar setiap hari cukup aktif melakukan dialog dengan pedagang, terkait permasalahan yang dihadapi. Misalnya tentang listrik dan air serta kebersihan. ”Pelayanan dari pihak pengelola pasar sudah baik dan kita tidak merasa terbebani dengan tarikan Rp 2 ribu per harinya untuk sumbangan kebersihan dan listrik,” ujarnya. (mg26/smu/ce1)

Latest news

Related news