31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Beri Motivasi, ISSI Tur ke Daerah

SOLO – Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jateng memberi motivasi pada atlet-atlet di daerah. Langkah tersebut diawali dengan menggelar tur ke Boyolali-Solo, Sabtu (28/1).

Ketua Umum Pengprov ISSI Jateng Dede Indra Permana Soediro mengatakan dengan tur tersebut pihaknya jadi lebih banyak tahu tentang potensi dan kondisi para pembalap. ”Kami juga berdialog serta memberi motivasi agar mereka dapat mengembangkan diri lebih baik,” kata Dede usai memberikan arahan para atlet dan pelatih di velodrome Manahan, Solo.

Dia menambahkan, potensi-potensi pembalap muda banyak berada di Solo dan sekitarnya. Keberadaan velodrome sebagai salah satu arena berlatih menjadi salah satu daya dukung pengembangan bibit-bibit atlet di Kota Bengawan. Berbagai karakter jalan raya seperti datar, rolling (bergelombang) dan tanjakan di seputar Solo juga memberikan banyak alternatif bagi pelatih untuk menerapkan program latihan. ”Terlebih Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Balap Sepeda Jateng juga bermarkas di Solo, sehingga bisa membantu mencetak pembalap-pembalap muda di Jateng,” ujarnya.

Jajaran Pengprov ISSI Jateng yang dipimpin Dede tersebut mengemas turnya ke daerah dengan bersepeda. Tur diikuti Wakil Ketua I (Bidang Organisasi) Ign Indra Surya dan Wakil Ketua II (Bidang Prestasi) Samuel Rudhianto. Dede serta para atlet dari Solo dan sekitarnya start dari kawasan Tlatar, Boyolali. Mereka kemudian menempuh jarak sekitar 40 km dan finish di velodrome Manahan, Solo.

”Saat di start dan finish, kita jadi punya banyak kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan para atlet dan pelatih. Apa saja kendala-kendala bisa disampaikan langsung kepada kami,” tutur Indra Surya.

Sementara Samuel meminta para pembalap muda lebih bersemangat dalam mengejar prestasi. Dia memberi contoh dua pembalap nasional asal Solo, yakni Toni Syarufudin dan Endra Wijaya bisa menjadi panutan.

”Toni sebagai pembalap BMX bisa turut berlomba di arena Olimpiade Rio de Janeiro, Endra juga berkali-kali masuk Pelatnas. Itu bisa jadi panutan adik-adik semua,” kata Samuel. (ric/ce1)

Latest news

Related news