31 C
Semarang
Rabu, 5 Mei 2021

Tim Saber Boleh Gelar OTT

MUNGKID— Pemerintah Kabupaten Magelang membentuk tim sapu bersih pungutan liar (saber pungli). Tim yang terdiri dari lintas instansi vertikal ini akan menjadi garda depan dalam memberantas pungutan liar di wilyah Kabupaten Magelang khususnya pemerintahan.

Tim dikukuhkan oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin, kemarin. Tim diketuai oleh Plt Sekda Agung Trijaya dengan anggota dari Polres Magelang, Kodim, Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri. Juga dari internal Pemkab Magelang.

Bupati Zaenal Arifin mengatakan tim saber pungli ini diberikan kewenangan untuk membangun sistem pencegahan dan pemberantasan praktik pungutan liar. Pengumpulan data dan informasi, dan memberikan rekomendasi untuk memberikan sanksi kepada pelaku praktik pungutan liar. ”Juga bisa operasi tangkap tangan (OTT),” katanya.

Zaenal berharap, dengan dibentuknya tim saber ini, menjadi satu langkah awal yang baik dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang lebih berkualitas. ”Cepat, profesional dan tentunya jauh dari praktik-praktik pungutan liar,” harap Zaenal Arifin.

Menurutnya pemerintah telah berupaya mendukung pemberantasan korupsi. Yakni dengan adanya ikrar dan penandatanganan pakta integritas, penetapan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). Serta penerapan whistle blower system, ternyata belum berhasil menghilangkan praktik pungutan liar secara tuntas di berbagai institusi pemerintah.

Dia mengatakan, institusi yang masih rawan praktik pungli ada di pemerintah daerah. Kemudian kepolisian kementerian. ”Praktik-praktik pungutan liar ini secara nyata telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Berdampak pada ekonomi biaya tinggi, hambatan di bidang pembangunan, serta merugikan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung,” katanya. (vie/lis)

Latest news

Related news