31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Baznas Berdayakan Ekonomi Lansia

MUNGKID—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Magelang terus berinovasi dalam menerapkan program kerja untuk kemaslahatan umat. Lembaga pengumpul zakat dan sedekah ini juga melaksanakan program pemberdayaan lanjut usia (lansia) di Kabupaten Magelang.

Ketua Baznas Kabupaten Magelang, HM Zaenal Arifin mengatakan program ini dilakukan sebagai bentuk perhatian Baznas dan pemberdayaan lansia. ”Stigma bahwa lansia itu tidak produktif dan terkesan membebani itu yang akan kita hilangkan,” katanya di sela-sela penyerahan santunan anak yatim dan guru ngaji di kantor Kecamatan Secang, kemarin.

Menurutnya, sudah ada ratusan lansia yang menjadi sasaran program bantuan ini. Mereka tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Magelang. Zaenal mengatakan Baznas memberikan bantuan produkti berupa uang Rp 250 ribu kepada setiap lansia. Bantuan itu diarahkan sesuai potensi tiap-tiap penerima. ”Ada yang dibantu hewan ternak, ada juga yang dibantu biaya jualan skala kecil seperti jualan gorengan dan semacamnya,” papar Zaenal.

Mereka yang menerima bantuan ini, kata dia kemudian diberikan bimbingan dan pendampingan. ”Supaya benar-benar manfaat dan ada hasilnya,” jelasnya.

Sebelum ini, Baznas juga melakukan kegiatan bantuan berupa cangkul dan peralatan pertanian bagi para buruh tani. ”Kita ingin mengawali program ini. Semoga bisa diadopsi oleh pemerintah daerah,” kata dia.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Baznas menyalurkan santunan kepada 300 guru ngaji dan 200 anak yatim tidak mampu. Mereka tersebar di 15 desa di Kecamatan Secang. ”Hari ini kita juga membantu 25 orang buruh petani berupa peralatan pertanian. Semoga ini bisa bermanfaat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kiai Khoiruddin dalam tausiahnya mengajak masyarakat untuk meningkatkan silaturahmi antarmanusia. Juga mengajak untuk menebarkan sikap cinta kasih sayang kepada anak yatim dan juga orang-orang yang berjuang di jalan Allah.

Dia berharap masyarakat bisa meningkatkan semangat gemar berzakat dan bersedekah. Bahkan, jika perlu dibentuk baznas di masing-masing desa. (vie/lis)

Latest news

Related news