31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Cegah Pungli dengan Smart Regident Center

DEMAK– Samsat Polres Demak memiliki cara inovatif untuk mencegah pungutan liar (pungli), utamanya dalam pelayanan publik. Yaitu, menerapkan aplikasi yang disebut Smart Regident Center (SRC).

Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan melalui Kasatlantas AKP Umbar Wijaya mengatakan, program berbasis android terobosan Ditlantas Polda Jateng ini dinilai mampu memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya terkait dengan regident, seperti memperpanjang STNK, BPKB kendaraan bermotor, membuat SIM dan lainnya.

“Masyarakat yang mempunyai android dapat mengakses langsung program ini. Pelayanan akan lebih cepat. Sebab, petugas tinggal mengecek saja,” ujarnya disela sosialisasi SRC di Kantor Samsat Demak, kemarin.

Dia menambahkan, untuk mengakses program ini dapat diunduh di playstore yang ada di ponsel android. Yang menarik, dengan SRC tersebut, masyarakat yang jatuh tempo dalam perpanjangan STNK dapat segera mengetahui bahwa masa berlaku STNK nya habis. Warga juga dapat tahu apakah kendaraan yang dibeli bodong atau tidak, termasuk membayar pajak dan lainnya. (hib/zal)

Latest news

Related news