31 C
Semarang
Rabu, 5 Mei 2021

Bangun Kesadaran Warga Pentingnya Salat Berjamaah

DI tengah kesibukannya sebagai Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi rupanya memiliki misi positif dalam bidang keagamaan. Yakni membangun kesadaran warga akan pentingnya salat berjamaah di masjid. Aktivitas Hendi, sapaan akrabnya, itu mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MuRI).

Selama menjabat wali kota pada akhir 2013 lalu, Hendi sering berkunjung ke perkampungan warga hanya sekadar salat berjamaah di masjid. Setidaknya sudah 314 masjid dan musala ia kunjungi dan salah berjamaah bersama warga. Usaha yang bisa dibilang kecil namun berdampak positif tersebut dilihat manajemen MuRI sebagai hal yang tidak biasa dilakukan oleh pejabat tinggi atau kepala daerah. Oleh karena itu pihaknya memberikan penghargaan suami Krisseptiana tersebut sebagai ”Pejabat yang salat berjamaan secara berkesinambungan di masjid terbanyak”.

Penghargaan tersebut diserahkan  langsung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang disaksikan oleh Ketua Museum Rekor Indonesia, Jaya Suprana di Museum Rekor MURI Semarang (Kompleks Jamu Jago), Jalan Perintis Kemerdekaan, Jumat (27/1).

Penyerahan penghargaan diberikan bertepatan dengan Hari Jadi yang ke-27 Museum Rekor Indonesia. ”MuRI ingin mempersembahkan karyanya untuk menggugah semangat kebanggan nasional agar bangsa Indonesia bangga atas prestasi bangsa sendiri, kita jangan membanggakan prestasi bangsa lain,” ungkap Jaya Suprana.

Sementara, wali kota memberikan apresiasi atas penghargaan tersebut. ”Ini tentu saja sebuah hal yang positif bagi kami, harapannya kegiatan road show ke masjid dan musala yang telah dilakukan dapat lebih membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya salat berjamaah di masjid maupun musala,” terangnya. ”Tentunya kegiatan ini tidak akan hanya berhenti pada 314 masjid dan musala saja,” imbuh wali kota.

Menurut Hendi, pihaknya tidak menyangka akan dinobatkan MuRI seperti ini, karena menganggap ini sebuah aktivitas yang wajib dilakukan seorang muslim. ”Wali kota tersoleh atau tidak saya tidak pernah berpikiran,” tandasnya.

Menurut data yang ada, Kota Semarang memiliki 1.186 masjid dan 1966 musala, ”Targetnya kegiatan road show ini dapat terus berjalan hingga ke semua masjid serta musala yang ada di Kota Semarang sembari berinteraksi, menyapa dan menyerap aspirasi masyarakat,” harapnya.  (Rizal Kurniawan/ce1)

Latest news

Related news