31 C
Semarang
Jumat, 7 Mei 2021

Empat Petahana ’Macan Ompong’ Masih Terpilih

SEMARANG – Sebanyak 18 anggota Komisi A DPRD Jateng akhirnya memilih 7 dari 14 nama calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jateng periode 2017-2020, Jumat (27/1). Hasilnya, komposisi KPID masih didominasi petahana. Ketujuh nama yang dipilih berdasarkan pemungutan suara tersebut akan diserahkan ke Gubernur Jateng lewat Ketua DPRD Jateng untuk dilantik.

Berdasarkan rekapitulasi perolehan suara, empat incumbent, yaitu Asep Cuwantoro dan Tazkiyyatul Muthmainnah masing-masing meraih 17 suara. Sedangkan Setiawan Hendra Kelana 14 suara dan Budi Setyo Purnomo 13 suara. Tiga jatah kursi komisioner tersisa diisi M. Rofiudin (16 suara), Sonakha Yuda Laksono (11 suara), dan Dini Inayati (14 suara).

Sekretaris Komisi A DPRD Jateng, Ali Mansyur meminta Gubernur Jateng segera melantik tujuh anggota KPID Jateng yang terpilih. Dia berharap, pelantikan bisa dilaksanakan sebelum masa bakti anggota KPID periode sekarang berakhir. ”Kalau bisa sebelum 3 Februari, jadi tidak perlu ada perpanjangan jabatan,” jelasnya.

Dia menegaskan, Komisi A DPRD Jateng tidak pernah melakukan intervensi kepada tim panitia seleksi anggota KPID Jateng  ”Pada fit and proper test, rata-rata mereka (calon anggota KPID Jateng terpilih) memiliki kemampuan yang memadai dan punya kapasitas untuk menjadi anggota KPID,” ujarnya.

Dia berharap, KPID Jateng ke depan bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dan benar-benar menjalankan fungsi pengawasan penyiaran. Menurutnya, komposisi KPID Jateng yang terdiri atas empat petahana dan tiga anggota baru ini cukup ideal.

Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Jateng, Sriyanto Saputro berharap empat petahana yang terpilih bisa mengubah cara kerja mereka. Politikus Partai Gerindra ini menilai, di era petahana, KPID seperti macan ompong. ”Tidak ada gebrakan atau inovasi regulasi. ”Tidak memberikan kekuatan,” tegasnya. Karena itu, dia berharap, KPID Jateng periode 2017-2020 bisa lebih profesional dan bermanfaat bagi masyarakat serta lembaga penyiaran. (amh/ric/ce1)

Latest news

Related news