31 C
Semarang
Senin, 17 Mei 2021

Pelatih Penentu Kualitas Atlet

SEMARANG – Posisi pelatih memiliki peran sentral dalam peningkatan kualitas atlet. Dia berstatus sebagai pemborong, yang dalam latihan punya peran memperhatikan makan atlet, melatih fisik dan teknik atlet, serta memonitor psikologis atlet.

Hal itu disampaikan Wakil I Kabid Binpres KONI Pusat Johansyah Lubis saat memberikan materi pada Penataran Pelatih Nasional Tingkat Dasar di Hotel Pesonna Semarang, Rabu (25/1). ”Pelatih tak hanya membawa stopwatch dan peluit sebagai penampilan, namun bertugas menyusun pola latihan yang terprogram. Peran dia banyak, dan posisinya menentukan kualitas atlet,” kata dosen FIK Universitas Negeri Jakarta itu.

Di hadapan peserta penataran, peraih emas cabang pencak  silat SEA Games Manila 1991 itu membedah soal teori dan praktik kondisi  fisik umum. Di sela-sela paparannya, anggota tim Satgas Pelatnas 2017 tersebut acapkali meminta peserta maju untuk mempraktikan gerakan latihan, misalnya menstimulus kecepatan, daya tahan dan kekuatan. Sesekali dia memutarkan video bagaimana cara atlet-atlet internasional berlatih.

Dia menyebut, bahwa dalam latihan harus dilakukan secara sadar. Pelatih harus mengerti apa yang mesti dilakukan. Pola latihan yang benar yang benar adalah terprogram, sistematik dan progresif. Terpogram lebih diartikan pada kapan atlet harus mendapatkan latihan sedang, berat dan berat sekali. ”Sedangkan progresif lebih pada upaya peningkatan,” kata pelatih timnas SEA Games 1999-2005 itu.

Johansyah mengakui, bahwa menjadi pelatih di Indonesia  hanya merupakan side job atau pekerjaan sambilan. Mengingat sebagai pekerjaan nomor dua, maka fungsi kepelatihan belum optimal.

Meskipun di tengah situasi seperti ini, kata dia, minimal pelatih bisa memahami prinsip-prinsip latihan, metode latihan termasuk variabelnya. Pelatih juga  dituntut bisa mempraktikkan metode dasar latihan untuk meningkatkan kondisi fisik. Selain memberikan materi soal kondisi fisik umum, Johansyah juga menyampaikan materi soal perencanaan program latihan dasar. (bas/smu)

Latest news

Related news