31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Kenang Pertempuran Lengkong dan Plataran

MAGELANG – Akademi Militer (Akmil) menggelar upacara bendera Hari Bhakti Taruna di lapangan Pancasila Akmil, Rabu (25/1). Gubernur Akmil Brigjen TNI Arif Rahman dalam amanat yang dibacakan Inspektur Akmil Kolonel Arh Hardi Ariyanto meminta taruna-taruni Akmil untuk menengok sejarah perjuangan bangsa, khususnya pada periode pascakemerdekaan.

Pada masa lalu, hampir di seluruh bumi pertiwi ini berkobar perjuangan bersenjata yang dilakukan pemuda Indonesia, baik dari kalangan pelajar maupun mahasiswa. Juga dilakukan oleh para taruna atau kader Militer Akademi (MA) dan sekolah-sekolah perwira militer yang ada di seluruh Indonesia. “Mereka bertempur melawan penjajah yang lebih unggul dalam persenjataan,” kata Hardi.

Taruna-taruni juga diminta mengenang dua peristiwa heroik yang melatarbelakangi Hari Bakti Taruna. Yakni Pertempuran Lengkong dan Pertempuran Plataran. Pertempuran Lengkong merupakan peristiwa pelucutan senjata yang dilakukan oleh para taruna Akademi Militer Tangerang di bawah pimpinan Mayor Daan Mogot pada 25 Januari 1946 di daerah Lengkong Kabupaten Tangerang. Adapun, Pertempuran Plataran terjadi pada 24 Februari 1949, merupakan gerakan pembersihan oleh tentara Belanda terhadap kedudukan markas gerilya Militer Akademi (MA) Jogja. (san/ton)

Latest news

Related news