31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Pasar Muntilan Mulai Dibangun Maret

MUNGKID— Pedagang Pasar Muntilan bisa bernafas lega. Setidaknya, Pemkab Magelang sudah menjanjikan akan segera membangun Pasar Muntilan pada bulan Maret mendatang.

Hal itu terungkap dalam rapat Badan Anggaran antara DPRD dan tim anggaran Pemkab Magelang. Dalam rapat badan anggaran yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Saryan Adi Yanto, Kepala Bagian Pembangunan Haryoko mengatakan proses pembangunan akan dimulai Maret minggu pertama jika proses lelang lancar. ”Paling lambat bulan April minggu pertama,” katanya dalam rapat tersebut.

Proses pembangunan pasar dengan biaya Rp 95 miliar itu akan dilaksanakan dalam 20 bulan. Sebenarnya DPRD Kabupaten Magelang sudah mendorong untuk diselesaikan dalam satu tahun namun Pemkab Magelang keberatan.

Dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Magelang Sariyan Adi Yanto sempat mengutarakan kemarahannya akibat proses pembangunan pasar yang terkesan tidak direncanakan dengan baik. ”Saya tidak ingin (pembangunan) molor lagi. Harus dipastikan segera dilaksanakan,” kata Sariyan di hadapan sejumlah pejabat Pemkab Magelang.

Sariyan mengatakan pembangunan Pasar Muntilan seharusnya dilakukan pada tahun 2016 sesuai amanat Perda Nomor 14 Tahun 2012 tentang Pembentukan Dana Cadangan Pasar Muntilan. Karena gagal dilaksanakan, sebenarnya pihaknya sudah mendorong untuk pembangunan diselesaikan dalam waktu satu tahun.

”Saya berharap eksekutif menepati janjinya untuk menyegerakan proses pembangunan Pasar Muntilan. Kasihan pedagang. Mereka butuh kepastian,” kata Sariyan.

Dia juga berharap Pasar Muntilan bisa dibagun dengan kualitas yang baik. Mengingat biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Selain Rp 95 miliar untuk bangunan fisik, DPRD menyetujui anggaran Rp 2,5 miliar untuk manajemen konstruksi. ”Anggaran sudah tersedia, silakan segera dilaksanakan,” harapnya.

Sariyan juga mengajak masyarakat untuk aktif melakukan pengawasan pembangunan Pasar Muntilan. ”Mari bersama kita kawal supaya tidak ada penyimpangan dalam pelaksanaan pembangunannya,” tegas Ketua DPRD termuda ini. (vie/lis)

Latest news

Related news