31 C
Semarang
Sabtu, 8 Mei 2021

Tetes Darah Peringati Peristiwa Lengkong

MAGELANG – Mengenang Peristiwa Lengkong di Tangerang yang terjadi 25 Januari 1946, sekitar 200 taruna/taruni Akademi Militer (Akmil) Magelang menyumbangkan darahnya. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara Hari Bhakti Taruna.

Wakil Komandan Resimen Taruna Akmil, Letkol Infanteri Endra Saputra mengatakan dari sekitar 724 taruna/taruni, sebagaian besar sudah mengikuti sumbang darah pada aksi sebelumnya. Lainnya, telah mendapat vaksin hepatitis.

“Sehingga yang bisa ikut donor darah sekitar 200-an taruna/taruni,” katanya, kemarin di Atrium Artos Mall Magelang. Selain itu, pihaknya juga menyelanggarakan pameran, ziarah, anjangsana ke panti asuhan dan panti rehabilitas.

Staf IT dan TU UDD PMI Kota Magelang, Satria Graha Perdana mengatakan dalam kegiatan ini, PMI Kota dan Kabupaten Magelang berkolaborasi. Sebanyak 1.000 kantong ditargetkan terkumpul dengan bantuan 22 petugas pengambil darah.

Hingga kemarin, stok darah di PMI Kota mencapai 425 kantong. Ia merinci, golongan darah A mencapai 76 kantong, B 114 kantong, AB 50 kantong, dan O 185 kantong. “Produksi kami sekitar 1.300 kantong per bulan, dari 1.451 pendonor yang menyumbangkan darah,” tambahnya.

Untuk mengapresiasi para pendonor aktif, pihaknya berencana memberikan penghargaan pada April mendatang. Khusus bagi yang sudah menyumbangkan darah 10 dan 25 kali secara rutin. “Kita akan selektif untuk memberikan penghargaan ini untuk 150 orang,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, mengapresiasi ide PMI Kota Magelang itu. Menurutnya, penghargaan itu akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan PMI. Dampak positif lainnya, akan menarik masyarakat untuk menjadi pendonor baru.

“Jangan hanya mengejar penghargaan itu, tapi keinginan untuk membantu orang lain secara tulus itu yang harus selalu dipertahankan dan ditingkatkan,” tambah Sigit. (put/lis)

Latest news

Related news