31 C
Semarang
Selasa, 18 Mei 2021

Atletik Gunakan Format Baru di Pra-Porprov

SEMARANG – PASI Jateng, akan mulai mengaplikasikan sejumlah aturan baru yang akan digunakan di pra-Porprov mendatang. Seperti tidak ada pembatasan usai dan kuota kemudian penggunaan limit waktu yang sesuai dengan standar PON.

Meski tak dibatasi, Ketua Harian PASI Jateng Rumini mengatakan pihak PASI akan tetap mempertimbangkan catatan waktu/jarak yang diraih apakah layak atau tidak untuk tampil di Porprov 2018. ”Format baru ini untuk memacu munculnya atlet muda potensial di Jateng. Rangkaian kualifikasi hingga Desember 2017 ini. Jika ada daerah yang tak meloloskan atlet, tetap diberi jatah meski sangat terbatas,” tutur Rumini.

Mengenai limit waktu dan jarak untuk babak kualifikasi atletik Porprov Jateng 2018 akan mengacu pada limit waktu PON. Kendati demikian, tetap yang menyesuaikan dengan kemampuan dan kondisi dari atlet daerah. ”Untuk limit mengacu pada PON tapi bisa diturunkan melihat kemampuan dan kondisi atlet di daerah tapi turunnya tidak terlalu jauh. Sehingga bisa mendapatkan atlet terbaik yang tampik di Porprov nanti,” sambungnya.

Lebih lanjut Rumini juga mengatakan, babak kualifikasi nantinya tak harus kejuaraan yang diselenggarakan oleh PASI Jateng. Misalkan ada atlet yang mengikuti kejuaraan lain level nasional yang digelar pihak lain bisa dijadikan sebagai kualifikasi. Asalkan sebelum mengikuti meminta rekomendasi dari PASI Jateng. Sehingga bisa disahkan sebagai babak kualifikasi. ”Misalkan atlet mengikuti kejurnas Jatim open. Waktu (lari) atau jarak (lemparan/lompatan) yang dicapai bisa dilaporkan ke kami untuk disahkan sebagai catatan waktu/jarak kualifikasi Porprov. Tapi sebelumnya harus ada rekomendasi dulu dari PASI Jateng,” tutur dosen FIK Unnes itu. (bas/smu)

Latest news

Related news