31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Logistik Pilkada Sampai TPS H-1

BATANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang dinilai sudah cukup siap melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batang, yang akan dilaksanakan 15 Februari 2017 mendatang. Rencananya surat suara serta perlengkapanya sudah sampai di TPS H-1. Begitu pula segi keamanannya juga sudah disiapkan oleh jajaran kepolisian.

Hal tersebut disampaikan Asisten I Sekda Provinsi Jawa Tengah, Edi Joko Pramono dalam rapat Desk Pilkada yang berlangsung di ruang Rapat Bupati Batang, Senin (23/1) kemarin. Disampaikan pula jika pihaknya sudah mendapat laporan dari KPU Batang terkait sarana dan prasarana yang sudah dipersiapkan. “Alhamdulillah di Kabupaten Batang dari hasil laporan semua sarana prasarana sudah disiapkan, dan pastinya pelaksanaan Pilkada pada 15 Februari mendatang sudah siap,” ujar Edi Joko.

Edi Joko mengatakan bahwa dari hasil laporan Ketua KPU Kabupaten Batang, semuanya dinyatakan siap, baik dari sarana pendukung maupun jadwalnya sudah siapkan. Sedangkan untuk kertas suara tanggal 28 Januari ini sudah mulai disortir yang diperkiaran butuh waktu dua sampai tiga hari.

Terkait dengan calon pemilih yang berada di rumah sakit, Lembaga Permasyarakat (LP) dan di tahanan kepolisian, sudah dipersiapkan dan diantisipasi, karena jumlahnya belum diketahui. “Pemilih yang ada di RS, LP sudah diantisipasi, begitu juga dengan pemilih difabel akan difasilitasi, sehingga warga negara yang mempunyai hak pilih tidak terabaikan,” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Batang Adi Pranoto mengatakan bahwa selama proses penyelenggaraan tahapan Pilkada relatif lancar dan tidak ada permasalahan. Sedangkan untuk perkembangan persiapan Pilkada sampai saat ini dalam masa kampanye pasangan calon, Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye sudah terdistribusikan ke paslon.

“Untuk masa kampanye sampai dengan 11 Februari 2017 dengan pelaksanaan kampanye terbuka 1 kali di hari terakhir. Urutan kampanye tanggal 8 no 1, tanggal 9 no 2, tanggal 10 no 4 dan tanggal 11 no 3. Kampanye lewat media masa maupun media elektronik akan dilaksanakan oleh paslon mulai 28 Januari 2017 dan dibiayai oleh KPU,” jelas Adi.

Ketua Panwaslih Kabupaten Batang M Mizan Sya’roni, mengatakan, dari hasil pemantauan terhadap pasangan calon, ada beberapa temuan, di antaranya penggunaan tempat ibadah untuk kampanye. Sedangkan dari hasil pengamatan panwas, untuk TPS rawan ada 500 titik, yang terdiri atas TPS tempat tinggal paslon, tempat tinggal tim sukses, daerah terisolir, KPPS atau penyelenggara yang punya pengalaman terdapat permasalahan. “Dari hasil pengawasan kami, untuk TPS rawan ada 500 titik. Untuk itu harus antisipasi bersama,” katanya. (mg20/ida)

Latest news

Related news