Ansor Barisan Terdepan Selamatkan NKRI

  • Bagikan

DEMAK-Gerakan Pemuda (GP) Ansor Demak bersama TNI/Polri menjadi barisan terdepan dalam menyelamatkan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ini sesuai dengan amanat Nahdlatul Ulama (NU) dalam ikut menjaga keutuhan NKRI.

Demikian disampaikan Ketua PC GP Ansor Demak, Dr Abdurrahman Kasdi, Lc, Msi di sela rapat koordinasi pengurus di gedung PCNU Demak, Jalan Sultan Fatah, Kota Demak, kemarin.

Menurutnya, sekarang ini persebaran paham atau ideologi yang cenderung berpotensi memecah belah bangsa Indonesia. Apalagi, munculnya komentar atau pendapat di media sosial (medsos) juga menjadi persoalan yang perlu disikapi secara arif dan bijaksana.

“Kita harus dapat mensikapi isu-isu ideologi terkini secara cerdas. Kita juga harus waspada karena NU dan tokoh-tokohnya turut menjadi sasaran pihak tertentu dan dibenturkan dengan umat,” katanya.

Abdurrahman menambahkan, untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, kader Ansor terus digembleng agar memahami persoalan kebangsaan tersebut. “Kita sekarang fokus untuk kaderisasi. Anggota Ansor tersebar di 249 desa dan kelurahan yang ada di 14 kecamatan di Demak ini,” jelasnya.

Menurutnya, untuk memberikan pemahaman yang utuh terkait isu terkini, Ansor akan membekali pelatihan jurnalistik bagi kader-kadernya. Selain itu, memberikan pelatihan kepemimpinan dasar (PKD), pendidikan latihan dasar (Diklatsar), pelatihan kepemimpinan lanjutan (PKL), serta kursus Banser lanjutan (Susbalan). Kegiatan-kegiatan itu sedianya dijalankan antara Februari sampai Mei mendatang sebagai bagian dari rangkaian Harlah NU ke-91. (hib/ida)

  • Bagikan