31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Kuras Sumur, Tewas Keracunan

MUNGKID – Warga Dusun Kali Kebo RT 2 RW 12 Desa Rejosari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Lutianto, 40, ditemukan tewas di dalam sumur. Diduga, korban terlalu lama menghirup gas beracun saat menguras sumur milik Yulkoni, 51, warga Dusun Gedowo RT 2 RW 13 Desa Rejosari, Kecamatan Bandongan, Minggu (22/1).

Peristiwa tragis bermula saat Yulkoni meminta korban yang bekerja sebagai penguras dan pembersih sumur untuk membersihkan sumur miliknya. Korban menyanggupi permintaan Yulkoni. Akhirnya, korban sekitar pukul 08.00 menguras air di dalam sumur menggunakan genset dan pukul 10.45 korban keluar dari sumur untuk istirahat.

Dirasa waktu cukup istirahat, korban kembali masuk dan turun ke sumur untuk menyelesaikan pekerjaan. Namun, kala Yulkoni meminta Lutianto untuk naik beristirahat, tidak ada jawaban dari dalam sumur. Ia pun lantas menengok di dalam sumur dan mendapati korban sudah tergeletak.

”Saya langsung memberitahu warga dan menghubungi Polsek setempat. Saat itu tidak ada yang berani turun karena khawatir ada gas beracun,” ucap Yulkoni.

Tidak berselang lama, polisi, TNI, tim Posko Aju dan petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang tiba di lokasi. Petugas sempat menyemprotkan air ke dalam sumur sedalam 15 meter untuk menghilangkan gas karbondioksida yang diduga bersumber dari genset. Sekitar pukul 14.30 korban akhirnya berhasil diangkat dalam kondisi tak bernyawa. Korban langsung dibawa ke Puskesmas Bandongan untuk dilakukan autopsi.

Kapolres Magelang Kota AKBP Hari Purnomo melalui Kapolsek Bandongan AKP Gede Mahardika mengatakan, dari hasil otopsi yang dilakukan dokter, tidak ada tanda-tanda kekerasan atau penganiayaan di tubuh korban. ”Diduga, korban meninggal karena terlalu banyak menghirup gas beracun dari mesin genset hingga menyebabkan sesak nafas” jelas Gede. (cr1/ton)

Latest news

Related news