31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Dongkrak Investasi, Dewan Usul Raperda Pariwisata

TEMANGGUNG – Pengelolaan dan penataan pariwisata di Kabupaten Temanggung selama ini dirasa kurang bagus alias semrawut. Sadar akan pentingnya penataan pariwisata, DPRD Kabupaten Temanggung berinisiatif mengusulkan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Pariwisata.

“Raperda penyelenggaraan pariwisata ini merupakan usulan dan inisiatif dari Komisi B DPRD. Awal 2017 ini kami mengajukan inisiatif raperda,” kata Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Temanggung Slamet Eko Wantoro, kemarin.

Slamet melanjutkan, dengan adanya raperda tersebut, pihaknya bertekad untuk mengangkat potensi wisata alam yang ada di Temanggung. Menurutnya, jika mengandalkan wisata budaya, maka Temanggung akan ketinggalan dengan daerah tetangga.

“Solusinya ya kita kembangkan potensi wisata alam yang kita punya. Kita jual sebagai daya tarik wisata,” ujar Slamet.

Raperda pariwisata akan memuat aturan yang mengakomodasi peran serta masyarakat setempat dalam pengelolaan wisata. Dengan demikian, wajah penyelenggaraan pariwisata ini akan berbasis masyarakat.

Supaya tetap berjalan baik dan mulus, Pemkab Temanggung juga harus membuka peluang investasi dari luar. Para investor dipersilakan melakukan pengembangan wisata, namun harus melibatkan peran masyarakat setempat.

“Rencana pendirian destinasi harus melibatkan banyak pihak, mengakomodasi budaya lokal dan melibatkan masyarakat. Tapi tetap terbuka untuk investasi,” jelasnya. (san/ton)

Latest news

Related news