31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Bersihkan Rupang dengan Air Hujan

SALATIGA—Puluhan umat melakukan bakti bersih di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hok Tek Bio Salatiga, Sabtu (21/1). Kegiatan itu dilakukan untuk membersihkan kelenteng dan rupang dewa pada tanggal 24 bulan 12 penanggalan Imlek.

Ketua TITD Hok Tek Bio Budi Setiono menuturkan, kegiatan yang digelar setahun sekali ini diikuti semua umat, muda mudi dan banyak relawan. “Pada tanggal 24 Imlek, para dewa dewi akan naik ke atas sehingga pada saat itu rumahnya kita bersihkan,” terang Budi, kemarin pagi.

Pembersihan dilakukan dengan menggunakan air hujan yang ditampung di depan kelenteng. Tampungan ini diberi teh dan kayu cendana. “Ini harus selesai dalam waktu sehari ini,” imbuh dia.

Kegiatan bakti bersih dilakukan umat dengan semangat dan suasana ceria. Seluruh bagian dibersihkan dengan dicuci. Ada yang menyaring abu, ada yang mengilapkan peralatan kuningan serta berbagai kegiatan lainnya.

Sementara untuk menyambut tahun baru Imlek, pada 30 Januari mendatang jam 23.00 akan dilakukan sembahyang Imlek. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi sembahyangan Keng Thi Kong dan diakhirnya dengan Cap Go Meh pada tanggal 15 Imlek. (sas/ton)

Latest news

Related news