31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Mahasiswa Asing Diajak Beraktivitas di Desa

MAGELANG – Dua kampus negeri di Jawa Tengah, Universitas Tidar (Untidar) Magelang dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) bakal berkolaborasi dengan menggelar Borobudur Cultural Language (BCL). Acara yang rencananya akan digelar 19-25 Februari mendatang, bakal menampilkan beranekaragam kekayaan budaya Jawa Tengah.

Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Asosiasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (APPBIPA) Jawa Tengah Wati Istanti menjelaskan, kegiatan ini akan diikuti puluhan mahasiswa dari Taylor’s University Malaysia. Selama sepekan, mereka akan dimanjakan dengan sebuah paket perjalanan di seputaran Semarang dan Magelang. ”Mereka nanti diajak berkunjung Unnes, Untidar, Candi Borobudur dan Desa Balesari,” kata Wati.

Di Balesari, mahasiswa yang sekaligus merupakan wisatawan mancanegara tersebut akan merasakan hidup di pedesaan selama satu hari. Bahkan, mereka akan diajak melakukan aktivitas warga lokal yang biasa dilakukan sehari-hari. ”Misalnya saja mandi menggunakan gayung, bercocok tanam di persawahan atau sekedar menikmati pesona alam yang asri. Jadi menikmati sensasi hidup seperti orang desa ,” ucap dia.

Rektor Untidar Magelang Prof Cahyo Yusuf memberikan respon positif terhadap rencana gelaran BCL 2017 tersebut. Pihaknya akan mempersiapkan diri dan membantu secara maksimal agar acara dapat berjalan lancar. ”Semoga dapat berjalan sesuai rencana dan harapannya bisa berkelanjutan di kemudian hari,” harap Cahyo. (cr1/ton)

Latest news

Related news