31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

3.900 Warga Belum Punya KTP-el

SALATIGA – Pelaksanaan pilkada Kota Salatiga pada 15 Februari mendatang diharapkan bisa berjalan lancar. Namun ada beberapa catatan yang harus diperhatikan yakni persoalan netralitas penyelenggara, KPU maupun panwas dan masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Hal itu diungkapkan Ketua Desk Pilkada Provinsi Jawa Tengah yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, dalam rapat desk pilkada di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Diponegoro 1, Salatiga, Jumat (20/1). “Mendengar paparan tadi saya merasa sangat optimistis bahwa pelaksanaan Pilkada Kota Salatiga akan berlangsung sukses tanpa ekses” ujar Sri Puryono. Sebelumnya dipaparkan sejumlah hal mengenai persiapan pelaksanaan Pilkada oleh Pj Wali Kota Ahmad Rofai, Ketua KPU Putnawati dan Panwas.

Seperti diketahui bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Salatiga yang ditetapkan pada 6 Desember 2016 lalu berjumlah 129.930 pemilih. Tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada penduduk yang tidak masuk dalam DPT namun memiliki hak pilih. Untuk hal semacam ini, masyarakat masih dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP elektronik (KTP-el) atau surat keterangan dari Disdukcapil dan dilayani 1 jam sebelum pemungutan suara selesai di TPS sesuai alamat KTP-el.

“Untuk hal semacam ini saya harap KPU harus menyosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat benar-benar mengetahui dan memahami, jangan sampai nanti pada hari H, banyak masyarakat yang mendadak minta surat keterangan kepada Disdukcapil. Dan dari jumah 129.930 pemilih berapa yang belum memiliki KTP-el ini harus jelas untuk mencegah adanya manipulasi” tegas Sri Puryono.

Menanggapi hal tersebut Rofai menyampaikan, sebelum ini tercatat sekitar 3.900 penduduk yang belum melakukan perekaman data. Dari jumlah tersebut baru 282 yang akhirnya sudah merekam datanya.

Sementara salah satu komisioner KPU Saemuri menjelaskan, untuk permasalahan yang belum memiliki KTP-el, datanya akan dicek di Daftar Penduduk Pemilih Potensial (DP4). Jika tidak terdaftar di DP4 maka KPU akan berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk mengecek di database kependudukan.

“Untuk pemilih pemula yang pada tanggal 15 Februari mendatang genap berusia 17 tahun berjumlah 455 orang dan untuk itu mohon dapat diberikan surat rekomendasi dari Dinas terkait,” terang Saemuri. Usai rapat, Sri Puryono didampingi Rofai juga mengecek kesiapan pelaksanaan PIlkada di Kantor Panwas dan KPU Kota Salatiga. (sas/ton)

Latest news

Related news