31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Hadapi UNBK, Disdik Data Sekolah

SEMARANG – Pelaksanaan teknis Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai dipersiapkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang. Salah satunya memetakan sekolah tingkat SMP/MTs yang siap menggunakan sistem computer based test (CBT).

”Tahun ini persyaratannya beda, dulu harus punya 1/3 dari jumlah murid, sekarang minimal punya 20 unit komputer dan 1 server sudah bisa melakukan UNBK. Tapi masih dilihat kesiapannya dulu,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Bunyamin.

Dari segi fasilitas, kata dia, sebenarnya hampir semua sekolah SMP/MTs bisa melakukan UNBK lantaran syarat yang cukup ringan dan arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang menargetkan 100 persen SMP bisa menyelenggarakan UNBK. ”Terkait mekanismenya bisa bergantian dengan siswa yang lain, makanya saat ini fasilitas dan kesiapannya masih terus didata,” jelasnya.

Bunyamin menjelaskan jika minat sekolah di Semarang untuk melakukan UNBK cukup tinggi, dalam satu ujian nasional pun setiap sekolah bisa melakukan dengan tiga gelombang. Dinas pun siap berkoordinasi terkait dengan pelaksanaan UNBK ini. ”Pelaksanaannya kan tidak bersama, SMP bulan Mei, SMA April waktunya kan berbeda, bisa jadi sekolah yang kekurangan komputer bisa pinjam ke SMA/SMK terdekat atau sebaliknya. Bisa jadi juga minta bantuan ke universitas,” tuturnya.

Karena secara nasional tingkat SMP akan dilakukan serentak, Disdik pun terus melakukan verifikasi terkait tempat ujian nasional, dan server di masing-masing rayon untuk berkoordinasi. ”Total jumlah siswa SMP yang masuk data, mencapai 26 ribu. Itu sudah termasuk dengan MTs,” tutupnya. (den/zal/ce1)

Latest news

Related news