31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Siapkan Rp 300 M untuk UMKM

SEMARANG – Bank Jateng lewat kredit Mitra 25 (M25) menyiapkan dana Rp 300 miliar. Kredit dengan bunga 7 persen per tahun ini bisa dimanfaatkan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk melebarkan sayap.

Direktur Bisnis Bank Jateng, Pujiono menjelaskan, jumlah nasabah Mitra Jateng terus bertambah seiring gencarnya sosialisasi. Hingga 17 Januari lalu, tercatat ada 8.735 nasabah dengan plafon pinjaman mencapai Rp 165 miliar. ”Kami menargetkan, sebelum 6 April mendatang, sudah bisa mencairkan Rp 300 miliar. Pasalnya pada tanggal tersebut merupakan hari jadi Bank Jateng,” ucapnya, Jumat (20/1).

Terkait target pinjaman sepanjang 2017, pihaknya telah menyiapkan Rp 400 miliar atau 1 persen dari total outstanding Rp 40 triliun. Dijelaskan, target kreditur berasal dari berbagai sektor usaha. Seperti pertanian, perdagangan, hingga sektor perikanan dan kelautan, hingga usaha rumahan skala kecil.

Sementara untuk kendala ekspansi M25, di antaranya adanya nasabah yang sudah memiliki kredit di lembaga perbankan lain. Ada juga nasabah yang kreditnya macet, sehingga tidak bisa dicairkan. ”Kalau untuk M25, belum ada kredit macet. Di 2016 kemarin belum ada NPL, selama ini masih nol. Semua masih lancar,” ucapnya.

Dijelaskan, beberapa waktu lalu, ada lima pengusaha di Jepara yang mendapat dana dari M25 dengan total pinjaman Rp 51,5 juta. Rata-rata adalah pengusaha yang berkutat di produksi suvenir dari kayu dan tenun.

Dwi Candra yang mendapat bantuan Rp 25 juta mengaku akan memperbesar usaha perdagangan kayu gelondongan miliknya. ”Proses pencairannya cepat. Bunganya juga sangat terjangkau. Baru kali ini saya menemui bank yang gampang seperti ini,” tegasnya. (amh/ric/ce1

Latest news

Related news