31 C
Semarang
Minggu, 16 Mei 2021

Fokus Siapkan Venues

SEMARANG – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng mulai mengintensifkan persiapan Popnas Jateng 2017, 8-18 September mendatang. Bersama pengprov cabang olahraga, mulai menginventarisasi venue yang akan digunakan untuk ajang mulitcabang dua tahunan tersebut

“Maret mendatang venue akan diverifikasi oleh panitia pusat. Venue yang digunakan tidak semuanya ada di Kota Semarang. Ada beberapa di luar seperti atletik dan voli pasir di Kendal, dayung di Rawa Pening Kabupaten Semarang, dan sepak bola di Stadion Wujil, Ungaran. Tapi sebagian besar tetap di Ibu Kota Jateng,” tutur Kabid Olahraga Disporapar Jateng Effendi Hari MC.

Venue yang digunakan, selain milik pemerintah sepeti Gelora Jatidiri, GOR Trilomba Juang, dan GOR Satria, juga menggunakan milik swasta seperti hotel atau gedung perkantoran. Pihaknya akan segera mengecek lokasi apakah memenuhi syarat untuk dijadikan venue saat Popnas nanti. Di sisi lain, agar verifikasi yang akan dilakukan bisa berjalan lancar.”Jika toh ada perbaikan, kami berharap tak terlalu besar. Hanya perbaikan kecil saja. Kami siap untuk itu,” tutur Effendi.

Diperkirakan, jumlah atlet dan ofisial yang akan menjadi tamu sebanyak 4.000 hingga 5.000 orang. Hal itu membutuhkan persiapan yang matang seperti akomodasi dan transpotasi bagi kontingen darah lain.

Kasi Olahraga Pendidikan dan Prestasi Disporapar Jateng Kuncoro Dwi Wibowo menambahkan, ada tiga tahapan yang harus dilalui peserta yakni entry by number, name, dan keabsahan. ”Verifikasi akan dilakukan secara fair dan ketat. Kami tak mau ada pencurian umur di Popnas nanti. Semua harus berjalan dengan spotif dan kami yakin semua kontingen daerah akan memegang teguh hal ini,” tutur Kuncoro.

Pada Popnas Jateng 2017 nanti, akan dipertandingkan 21 cabang olahraga dan empat cabang eksebishi. atletik, angkat besi, basket, bola voli indoor, voli pasir, sepak bola, bulu tangkis, dayung, gulat, judo, dan karate. Kemudian panahan, renang, senam, sepak takraw, taekwondo, tinju, tenis, tenis meja, silat dan tarung derajat. (bas/smu)

Latest news

Related news