31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Pantau BRT Lewat Command Room

SEMARANG– Tahun ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang tengah mempersiapkan Situation Room atau Command Room. Salah satu fungsi ruangan tersebut yakni untuk memantau Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang.

Plt Kepala Diskominfo Kota Semarang Nana Storada menjelaskan, secara umum, command center merupakan tempat penyedia kendali, koordinasi, dan pembuatan keputusan. Dari ruangan command center tersebut, seluruh hal yang terpantau dari sistem bisa terkontrol, termonitor, dan dapat digunakan sebagai dasar informasi dalam mengambil keputusan. “Seperti untuk pemantauan BRT, dari situ akan termonitor apa yang kurang dan perlu diperbaiki,” ujar Nana.

Command center-nya di ruang wali kota dan sudah ada monitoring room, sifatnya juga baru monitoring nanti hasilnya diserahkan ke tenaga ahli yang akan menganalisis itu,” kata Nana, saat menghadiri Seminar Semarang Command Center, di Hotel Grasia, Kamis (19/1).

Pihaknya berharap dengan seminar seperti ini, info-info kota bisa tersosialisasi dengan baik sampai tingkat paling bawah. Seminar Semarang Command Center dihadiri oleh Kominfo Kabupaten Kota se Jawa Tengah. Materinya mengenai penjelasan software dan aplikasi untuk menunjang command center. “Semoga dengan adanya command center ini, kita dapat mengembangkan IT lebih baik dan mendorong kemajuan perekonomian di Jawa Tengah termasuk di Kota Pekalongan,” Wali Kota Pekalongan  Achmad Alf Arslan Djunaid dalam sambutannya. (mg26/zal)

Latest news

Related news