31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Grobogan Belajar E System di Batang

BATANG-Keberhasilan Pemkab Batang dalam menerapkan Ilmu Teknologi (IT) di dalam sistem kerjanya, salah satunya dengan E System yang bisa diakses secara online, menarik perhatian Pemkab Grobogan. Rombongan Pemkab Grobogan yang dipimpin Kepala Bappeda Pemkab Grobogan Pudjo, Albahrun, Kamis (19/1) kemarin, datang untuk mengetahui penerapan E-Planning dan E- Budgeting yang sudah dilaksanakan dengan baik oleh Pemkab Batang.

Rombongan diterima oleh Kepala Bappeda Batang, Sabino Suwondo yang mewakili Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo. Didampingi pula dari instansi terkait dari staff Bappeda, BPKPAD, Diskominfo dan Bagian Pengendalian Pembangunan Batang.

Sabino Suwondo mengatakan bahwa dengan kedatangan Pemkab Grobogan ke Pemkab Batang, sangat memotivasi Pemkab Batang untuk melaksanakan pembangunan, mewujudkan masyarakat yang sehat, maju, mantap dan sejahtera. “Harapan kami, akan terjalin kerjasama yang saling menguntungkan di antara dua daerah,” ujarnya.

Transparansi publik menurutnya merupakan indikator yang sangat penting dalam pembangunan tata pemerintahan yang baik. Tujuan transparansi adalah untuk menciptakan informasi yang terbuka bagi masyarakat luas. “Dalam menjalankan transparansi publik, Pemkab Batang telah melakukan beberapa inovasi. Antara lain, inovasi penyelenggaraan sistem informasi pemerintahan berupa E Planing, E Budgeting, SIMDA Keuangan, Simpelbang dan lainnya. Semuanya sudah menggunakan IT dan bisa diakses secara online, serta terpampang di videotron di Alun-Alun Batang,” tuturnya.

E Planing sendiri, kata Sabino, merupakan sistem informasi berbasis web untuk memfasilitasi proses perencanaan pembangunan daerah. Sedangkan E Budgeting merupakan sistem berbasis web untuk memfasilitasi penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Menanggapi hal itu, Ketua Rombongan Pemkab Grobogan, Pudjo Albahrun mengatakan bahwa kedatangannya memang dalam rangka menimba ilmu dan berlajar dari Pemkab Batang. Pihaknya datang bersama 11 anggota, yang terdiri atas berbagai instansi seperti Bappeda, BPPKAD dan Diskominfo. “Selain silahturahmi, kami memang ingin mengetahui bagaimana cara mengelola E Planning dan E Budgeting di Batang,” tandas Pujo. (han/ida)

Latest news

Related news