31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

KPPS Foto Bareng Calon

SALATIGA – Kurang dari satu bulan menjelang pilkada, suasana politik di Kota Salatiga makin sensitif. Belakangan beredar gambar yang bertuliskan ketua dan anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) berfoto bersama Calon Wali Kota Yuliyanto.

Hal ini menimbulkan protes dari pihak calon lainnya yang mempertanyakan netralitas KPPS tersebut. Dalam foto tersebut, anggota KPPS bersama keluarganya berfoto bersama Yuliyanto sambil mengacungkan dua jari.

Ketua DPC PDIP Teddy Sulistyo tidak berkomentar panjang mengenai hal tersebut. “Kita belum melaporkannya. Copot!,” ujar Teddy menanggapi foto KPPS tersebut.

Terpisah, Komisioner KPU Salatiga Syaemuri saat dikonfirmasi langsung mengklarifikasi hal tersebut kepada ketua KPPS yang ada di foto. “Saya sudah klarifikasi langsung ke orang yang ada di foto tersebut. Yang bersangkutan adalah salah satu KPPS TPS 32 Mangunsari, dan sekaligus ketua RW,” jelas Syaemuri.

Ia kemudian menjelaskan kronologi berdasar pengakuan KPPS tersebut. Kronologisnya, sekitar 11 atau 12 Januari 2017 sore, ada orang bertamu ke rumah ketua RW tersebut. Orang tersebut ternyata Yulianto. “Karena ada tamu, ya dipersilakan masuk, mengobrol, dan ketika Pak Yuli minta foto bareng, yang bersangkutan juga tidak keberatan,” jelas pria yang juga mantan anggota panwas tersebut.

Disinggung mengenai acungan dua jari, Syaemuri menandaskan jika salam itu bukan dukungan tetapi salam victory atau peace. Foto diambil saat ia belum menjadi KPPS. “Saat itu, ia juga tidak menyadari jika Pak Yuli nomor urut dua,” kata dia.

Ditegaskan pula dari hasil pengakuan, yang bersangkutan bukan tim sukses dan simpatisan. Sebagai KPPS yang bersangkutan sudah menyadari telah tanda tangan surat pernyataan di atas materai yang isinya harus bersikap netral.

KPU akan mempelajari dan menyaring informasi dari berbagai pihak, termasuk laporan panwas, sebelum menentukan langkah selanjutnya. Hanya saja, KPU tetap mengkaji kemungkinan mengganti KPPS tersebut dengan meminta ketua PPS Mangunsari untuk melakukan pembicaraan internal. (sas/ton)

Latest news

Related news