Si Cepat, Layanan Gratis selama 24 Jam

472

SEMARANG – Lima ambulans Si Cepat yang diluncurkan Pemkot Semarang merupakan bentuk peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat. Di mana masyarakat bisa memanfaatkan ambulans tersebut secara gratis dan setiap saat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang Widoyono selama ini proporsi kematian menurut tempat kejadian kematian yaitu 64,5 persen di rumah, 30,1 persen di rumah sakit, tempat lainnya 3,4 persen, serta fasilitas kesehatan lain 1,5 persen. Untuk itu pihaknya menginisiasi peluncuran ambulan tersebut.

”Si Cepat Ambulan Hebat merupakan pusat pelayanan kesehatan yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal kegawatdaruratan, termasuk pelayanan medis yang dapat dihubungi dalam waktu singkat di mana pun berada dan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendapatkan respons cepat,” tuturnya

Pihaknya menambahkan bahwa masyarakat harus tahu bagaimana melaporkan kasus emergensi. 1500-132 adalah nomor yang  diakses jika membutuhkan kegawatdaruratan. ”Dengan menelepon call center tersebut kemudian akan dilakukan penjemputan ke rumah pasien atau lokasi kejadian untuk diantar ke rumah sakit tujuan,” jelas Widoyono.

Ambulans tersebut memiliki fasilitas stage 2, minus dc shock, peralatan gawat darurat medis, obat-obatan kegawat-daruratan, serta peralatan seperti gantungan infus, lampu periksa pasien, jok dokter dan jok paramedik/pengantar, APAR, tabung oksigen, automatic ambulance stretcher, extrication collar, long spinal-board, ALS Emergency, dan transport patient monitor.

Sedangkan untuk SDM pihaknya menyediakan sebanyak 25 perawat, 5 dokter umum, 25 bidan, 25 drier, 5 operator call center, serta 4 tenaga admin.

Guna mempermudah akses, ambulans ini akan ditempatkan di DKK Semarang sebagai koordinator di lantai 1 serta disebar di 4 lokasi puskesmas rawat inap untuk lebih mempercepat waktu pelayanan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi peningkatan layanan kesehatan berupa penyediaan mobil ambulans tersebut. Si Cepat Ambulans Hebat merupakan ambulans reaksi cepat yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat  secara gratis dengan fasilitas lengkap dan petugas kesehatan yang standby selama 24 jam.

”Harapannya masyarakat yang sakit dan membutuhkan ambulans ini dapat menelepon dan segera ditangani. Ke depan akan segera disusul ambulans lain, minimal akan ada 2 ambulans di setiap kecamatan,” ujar wali kota. (zal/ce1)