31 C
Semarang
Rabu, 5 Mei 2021

Pembebasan Lahan, Sisakan 2 Titik

PEKALONGAN-Pembebasan lahan akses kendaraan dari pintu interchange jalan tol Pemalang-Batang di Kelurahan Sokoduwet menuju Jalan Pantura, masih menyisakan 2 titik. Sedangkan yang dibutuhkan ada empat trase akses interchange, yakni dari depan Kelurahan Sokoduwet, Jalan Ampera, Jalan IR Sutami, dan Jalan Dr Sutomo.

“Masih ada dua titik yang rencananya akan dibebaskan pada tahun 2017 ini yaitu Jalan Dr Sutomo dan Jalan Ampera menuju interchange di Sokoduwet,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Pekalongan, Sriyana, Rabu (18/1) kemarin.

Ia berharap dengan adanya jalan baru tersebut, selain berfungsi sebagai akses menuju Jalan Pantura juga bisa dimanfaatkan untuk menarik wisatawan menuju Pasar Grosir Setono yang berada di Jalan Dokter Sutomo. “Karena ada jalan ini, jadi lebih memudahkan wisatawan menuju Pasar Grosir Setono,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga pada DPU dan Penataan Ruang Pemkot Pekalongan, Bambang Sugiharto, menjelaskan bahwa pembebasan lahan untuk akses ke interchange jalan tol Pemalang-Batang yang sudah dilakukan sejak tahun lalu, telah menghabiskan sekitar Rp 6,4 miliar. Dan tahun ini, pihaknya mengalokasi dana sebesar Rp 7 miliar, yang akan difokuskan ke arah selatan terlebih dahulu.

“Tahun ini masih proses pembebasan. Bahkan pembebasan lahan juga masih belum selesai dan akan dianggarkan tahun depan. Mudah-mudahan tahun depan bisa dimulai,” paparnya. (tin/ida)

Latest news

Related news