31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Modus Cari Kos, Kuras Harta

SALATIGA– Pencuri dengan modus pura–pura mencari kos berhasil dibekuk. Nobertus Dipo Wibisono ,47, warga RT 8, RW 3, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat diamankan Satuan Resmob Polres Salatiga, setelah berhasil mengelabuhi Marsiyem warga Jalan Kasuari, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga. Korban mengalami kerugian sekitar Rp 64 juta.

Modus yang dilakukan Nobertus adalah dengan berpura–pura mencari kos untuk tinggal sementara karena baru dipindahtugaskan ke Kota Salatiga. Tersangka mengaku sebagai pegawai sebuah bank nasional. Saat mendatangi kediaman Marsiyem yang memiliki usaha kos, Rabu (28/12) lalu, ia membawa mobil agar lebih meyakinkan korban.

Marsiyem yang percaya langsung mempersiapkan dan membersihkan kamar kos. Tapi ketika kembali, Nobertus sudah tak ada di tempat. Ia semakin panik ketika mengecek kamar, sejumlah barang telah raib. Pelaku membawa kabur uang tunai Rp 1 juta, ATM Bank Mandiri berisi Rp 14 juta, 1 ponsel merk Samsung Grand Duos, 1 ponsel merk Andromax 4G, 1 gelang rantai emas harga Rp 30 juta, 1 gelang tangan emas seharga Rp 4 juta, 1 cincin permata intan seharga seharga Rp 10 juta, dan 4 cincin seharga Rp 4 juta.

Polisi yang menyelidiki kasus ini berhasil menemukan persembunyian tersangka di Solo. Nobertus berhasil ditangkap beserta sejumlah barang bukti. Polisi juga mengamankan Honda Jazz warna abu-abu silver dengan nomor polisi E 1748 CA yang digunakan ketika datang ke rumah korban.

“Saat ini tersangka Nobertus sudah diamankan dan ditahan di rumah tahanan (Rutan) Mapolres Salatiga,” kata Kapolres Salatiga AKBP Happy Perdana Yudiyanto. Pelaku akan dijerat dengan Pasal 362 KUHP dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun.

Happy juga mengimbau masyarakat agar jangan mudah percaya kepada penampilan seseorang. Selain itu, perlunya koordinasikan dengan tetangga sekitar apabila ada seseorang yang mencurigakan serta menanyakan identitasnya. (jks/ton)

Latest news

Related news