31 C
Semarang
Selasa, 18 Mei 2021

Angkat Kesenian Tradisional

BAGI Cynthia Monica Rizkyawati, kesenian tradisional sudah mendarah daging di dalam dirinya. Bakat dalam kesenian tradisional ia dapatkan dari sang mentor, Indarwati, yang tak lain adalah ibu kandungnya sendiri.

Gadis kelahiran Surakarta, 21 Februari 1996 ini mengaku telah belajar kesenian tradisional berupa tarian Jawa sejak usia 3 tahun. ”Bakat itu sebagai andalan dan siap saya angkat dalam event Pemilihan Putri Indonesia 2017 di Jakarta,” kata gadis yang akrab disapa Monica ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Gadis berzodiak Pisces ini sebelumnya masuk tiga besar Putri Indonesia Jateng dan siap mewakili provinsi ini di tingkat nasional. Ia pun berujar akan mengusung misi mengajak generasi muda untuk mengembangkan bakat dan menyalurkannya dengan melakukan kegiatan positif.

”Tujuannya tentu untuk menghindari kegiatan yang negatif, seperti seks bebas dan penyalahgunaan narkoba yang saat ini marak terjadi,” tutur mahasiswi semeseter akhir Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini.

Monica mengaku, keikutsertaannya dalam ajang Pemilihan Putri Indonesia ini setelah mendapatkan dukungan penuh dari kedua orang tua, teman, dan beberapa desainer yang ada di Solo. Apalagi wajah cantik Monica dan posturnya yang tinggi kerap menjadi model peragaan busana atau fashion show.

”Awalnya sih iseng, tapi karena dukungan yang besar akhirnya saya punya tekad untuk maju dan serius dalam seleksi Putri Indonesia Jateng,” ungkap putri pasangan Agung Prasetyo dan Indarwati ini.

Monica sendiri telah mengoleksi prestasi yang cukup mentereng. Salah satunya menjadi duta wisata batik carnival di Parade China pada 2009 yang diselenggarakan di Singapura. Selain modeling dan kesenian tradisional, Monica juga punya bakat di bidang musik. Saat ini, ia menekuni alat musik biola.

”Seni sama modeling hampir sama, intinya adalah main rasa dan penggabungan antara cantik dan karakter. Tapi lebih menantang seni tari, karena kita harus punya wiroso, wiromo dan wirogo. Kedua hobi itu saya jalani dengan enjoy,” katanya. (den/aro/ce1)

Latest news

Related news