31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Hendi Pimpin Jalan Sehat Kampung Hebat

SEMARANG – Ribuan warga yang tinggal di sekitar Kecamatan Semarang Selatan, memeriahkan roadshow Kampung Hebat putaran kedua di halaman kantor kecamatan setempat, Minggu (15/1) kemarin. Sejak pukul 06.00, warga sudah berdatangan untuk mengikuti senam masal dan jalan sehat keliling kampung sejauh kurang lebih 2 kilometer.

Kegiatan roadshow diawali dengan senam sehat secara masal sekitar pukul 06.30 di halaman kantor kecamatan yang dikenal dengan Taman Badak Angop tersebut. Warga tampak antusias dengan entakan musik dan gerakan energik yang diperagakan oleh instruktur yang ada di atas panggung.

Usai senam, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang datang langsung mengibarkan bendera start dan memimpin ribuan warga untuk jalan keliling kampung di wilayah Kelurahan Lamper Lor. Rute jalan sehat, start di depan Kantor Kecamatan Semarang Selatan menuju Jalan Sompok, Jalan Lampersari, Jalan Lamper Krajan, Jalan Jeruk, Jalan Sompok II dan kembali ke halaman kantor kecamatan.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi tampak bersemangat memimpin warganya berjalan keliling kampung. Ketika melewati Jalan Lampersari, Hendi tiba-tiba berhenti dan menghampiri seorang penjual jajanan tradisional. ”Kebetulan belum sarapan, ayo nyemil dulu. Ini masyarakat saya yang traktir,” katanya sembari mengeluarkan uang Rp 500 ribu, dan diserahkan ke pedagang jajanan tersebut.

Setelah menghabiskan sepotong kue tradisional, Hendi kembali melanjutkan perjalanan. Tampak mendampingi wali kota, di antaranya Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gurun Risyad Moko, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ulfi Imran Basuki, Kepala Dinas Perdagangan Fajar Purwoto, Camat Semarang Selatan Sutrisno, Kabag Humas dan Protokol Achyani, Lurah Lamper Lor Wijang Purwono, Direktur Jawa Pos Radar Semarang Abdul Aziz, serta Operational  Manager Go-Jek Semarang Bambang Kurniawan.

Selama jalan sehat, orang nomor satu di Kota Semarang itu juga tampak melihat-lihat keadaan kampung dan jalan yang dilewati sambil berdiskusi dengan Camat Semarang Selatan, Sutrisno, dan jajaran lurah yang ada di kecamatan tersebut. Langkah Hendi kembali berhenti saat melewati sebuah rumah sederhana yang ada di Jalan Lamper Krajan RT 02 RW 02. Di tempat yang diketahui sebagai home industri itu, ia sempat melihat proses pembuatan tahu yang dilakukan sejumlah pekerja dengan badan ngligo (tanpa mengenakan baju, Red).

”Rumah ini adalah percontohan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam, ampas tahu yang tidak terpakai diolah menjadi energi listrik. Potensi warga Kota Semarang sebenarnya besar,” ujarnya.

Sesampainya di halaman kantor kecamatan, Hendi sempat berbincang dengan warganya. Bahkan tak canggung, ia berjoget bersama warga dengan diiringi musik dangdut. Warga juga berebut foto selfie dengan wali kota yang kemarin tampil sporty dengan polo shirt warna merah marun dan sepatu kets warna oranye-hitam. Sedangkan sang istri, Krisseptiana Hendrar Prihadi, yang juga ikut jalan sehat, setiba di halaman kantor kecamatan langsung menghampiri stan UMKM ibu-ibu dari semua kelurahan di Semarang Selatan.

SENAM MASAL: Ibu-ibu tampak semangat saat senam sehat di halaman kantor Kecamatan Semarang Selatan. (NURCHAMIM@JAWA POS RADAR SEMARANG.COM)
SENAM MASAL: Ibu-ibu tampak semangat saat senam sehat di halaman kantor Kecamatan Semarang Selatan. (NURCHAMIM@JAWA POS RADAR SEMARANG.COM)

Setelah menyampaikan pidato singkat, Hendi didaulat untuk mengundi satu unit sepeda gunung. Selain itu, ia juga memberikan hadiah tambahan berupa uang Rp 500 ribu dari koceknya sendiri.

”Saya mau ngasih hadiah, ini ada uang tunai dari saya Rp 500 ribu dan sepeda gunung,” tutur Hendi sambil mengambil dua kupon undian.

Ratnasari, warga Mrican RT 4 RW 2 Tandang, menjadi salah satu peserta roadshow yang beruntung mendapatkan uang tunai Rp 500 ribu dari Hendi. Ibu dua anak yang suaminya bekerja sebagai buruh bangunan itu juga mendapat tambahan uang Rp 500 ribu lagi setelah mampu menjawab pertanyaan tambahan dari wali kota. Sehingga total ia membawa pulang uang tunai Rp 1 juta.

”Senang sekali, Mas, nggak nyangka bisa dapet sangu dari Pak Wali. Uangnya buat nyangoni anak sekolah, dan biaya hidup sehari-hari,” ungkap Ratnasari sambil menitikkan air mata.

Kepada Jawa Pos Radar Semarang, Hendi mengapresiasi program Kampung Hebat yang diselenggarakan, atas dukungan Pemerintah Kota Semarang, dan di-support Semen Indonesia, PGN, Alfamart, Sido Muncul, Go-Jek, Global Elektronik dan Viar Motor ini.

Menurutnya, kegiatan tersebut sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Semarang yang ingin membuat kota ini lebih hebat lagi. ”Jawa Pos Radar Semarang bisa menginisiasi sebuah gerakan masyarakat untuk memperbaiki atau mengembangkan lingkungannya. Kami mendukung penuh karena sesuai dengan misi dan misi dari saya dan Bu Ita (Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu, Red),” paparnya.

Dikatakan, sebuah daerah yang hebat dan maju tidak hanya atas dasar kerja pemerintah semata. Melainkan dukungan dari berbagai pihak, terutama masyarakat untuk berjalan beriringinan serta bangga dengan wilayahnya.

Event ini semacam dorongan kepada warga untuk tampil lebih baik dan memperbaiki segala aspek yang ada. Warga pun bisa merasa bangga jika menang, terlebih ada reward-nya. Namun saya pesan jangan hanya gayeng pas event saja, harus diaplikasikan setiap saat dengan tujuan akhir pembangunan Kota Semarang bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Operational Manager Go-Jek Semarang, Bambang Kurniawan, mengatakan, jika roadshow yang kedua ini berlangsung sangat meriah. Animo masyarakat sangat tinggi. Ia berharap ke depan event bisa lebih meriah dan Semarang bisa lebih maju serta menjadi kota yang hebat sampai ke tingkat kampung.

Event ini selaras dengan prinsip yang Go-Jek miliki, yakni speed, innovation dan social impact, yakni Go-Jek harus memberikan manfaat kepada masyarakat,” katanya.

Camat Semarang Selatan, Sutrisno, menambahkan, dalam roadshow Kampung Hebat kemarin, dirinya mengajak 10 lurah yang ada di wilayahnya untuk ikut berpartisipasi. Selain sebagai peserta, setiap kelurahan diberi kesempatan untuk memamerkan produk UMKM yang dimiliki. ”Setiap kelurahan mengirimkan warganya untuk menyemarakkan acara ini. Apalagi acara ini dibuat untuk menggali potensi yang ada di masing-masing daerah, salah satunya dengan memamerkan hasil UMKM,” ujarnya.

Di sela-sela kegiatan kemarin, wali kota juga melantik kepengurusan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kota Semarang. Selain itu, juga diserahkan bantuan bola futsal dari Alfamart kepada perwakilan siswa SD di Lamper Lor. Bantuan bola diserahkan oleh License Manager Alfamart, Amirullah. Kegiatan Roadshow Kampung Hebat kemarin juga disemarakkan pameran UMKM, donor darah PMI Kota Semarang dan pembagian doorprize dari Go-Jek. (den/aro/ce1)

Latest news

Related news