31 C
Semarang
Sabtu, 15 Mei 2021

Rumah Warga Pringapus Diperbaiki

UNGARAN-Program bedah rumah tidak layak huni (RTLH) yang dilaksanakan Corporate Forum For Community Development (CFCD) Kabupaten Semarang terus bergulir. Kali ini giliran rumah Mbah Sutimah, 75, warga Dusun Kaliulo Pringapus yang ketiban sampur untuk diperbaiki.

Bantuan uang tunai senilai Rp 10 juta dari PT Korni Jaya Pringapus yang merupakan anggota CFCD Kabupaten Semarang diserahkan Bupati Semarang Mundjirin, kemarin. Ikut mendampingi para pengurus CFCD Kabupaten Semarang.

Mundjirin mengatakan saat ini masih ada sekitar 30 ribu unit RTLH di Kabupaten Semarang. Pemkab Semarang telah menganggarkan dana bantuan perbaikan untuk seribu RTLH pada tahun 2017 ini.

Jumlah itu terbagi sebanyak 750 unit di pedesaan dengan pelaksana Bapermasdes dan 250 unit di wilayah perkotaan yang dilaksanakan Dinas Sosial. “Dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan dapat disinergikan sekaligus untuk mempercepat penyelesaian program ini,” ujar Bupati.

Ditambahkan, kepedulian perusahaan terhadap lingkungan termaktub dalam peraturan daerah tentang tanggung jawab lingkungan perusahaan. Pada aturan itu, lanjutnya, tanggung jawab pembangunan sosial ada di tangan pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

Sasaran penyaluran dana CSR perusahaan diserahkan sepenuhnya kepada manajemen perusahaan. Sementara itu Sekretaris CFCD Kabupaten Semarang Sri Sunaringsih Rismonowati menjelaskan sejak berdiri tahun 2013, CFCD telah membantu perbaikan enam unit RTLH.

“Bulan ini kami rencanakan ada dua unit RTLH yang akan dipugar. Kami berharap kepedulian manajemen perusahaan di Kabupaten Semarang akan semakin meningkat,” katanya. (ewb/ida)

Latest news

Related news