31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Pelipatan Kertas Suara Libatkan Warga Sekitar

SALATIGA – Sekitar 20 warga akan dikerahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga untuk melipat sekaligus menyortir ratusan ribu surat suara untuk Pilwalkot 2017. Surat suara yang dicetak di Malang, sudah tiba di kantor KPU Salatiga pada Jumat (13/1) pagi.

Komisioner KPU Salatiga Saemuri Albab mengatakan, pelipatan surat suara akan dilakukan dengan mengerahkan masyarakat sekitar kantor KPU di Argomulyo. “Kami akan melibatkan sekitar 20-an warga sekitar KPU Salatiga untuk melipat sekaligus menyortir bilamana ada surat suara yang cacat,” ujar Saemuri.

Ditambahkan dia, dengan mengerahkan tenaga 20 orang, ditargetkan pelipatan sekaligus penyortiran surat suara akan rampung dalam waktu tiga hari. Setelah pelipatan dan penyortiran selesai, langkah selanjutnya adalah memasukkan dan menata surat suara tersebut bersama dengan logistik yang lain, seperti tinta, surat-surat  ke dalam kotak. Sehingga ketika akan didistrbusikan ke kecamatan atau kelurahan, semua logistik sudah lengkap dan siap.

Terpisah, Anggota Panwas Salatiga Agung Mursito mengatakan, dalam pelipatan dan penyortiran surat suara, Panwas Kota akan menugaskan Panwas Kecamatan Argomulyo untuk ikut mengawasi. “Agar nantinya tidak terjadi kekeliruan,” ujarnya.

Sesuai aturan, jumlah kertas surat suara yang dicetak sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kota Salatiga yaitu sebanyak 129.930 kertas suara plus tambahan  2,5 persen sebagai cadangan. Sebelum dicetak, KPU Salatiga bersama Panwas dan Bawaslu Jateng mengecek ke percetakan di Malang, Jatim. Ketentuan kertas suara dari Salatiga dicetak di Malang ini merupakan hasil proses lelang KPU RI. (sas/ton)

Latest news

Related news