31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Surat Suara Sudah Siap

SALATIGA – Surat suara yang akan digunakan untuk Pilwalkot Salatiga sudah siap. Dari hasil pengecekan langsung ke percetakan yang dilakukan KPU dan Panwaslu, semuanya sudah sesuai.

Percetakan surat suara dilakukan di Malang, Jawa Timur sesuai dengan hasil lelang KPU RI. KPU Kota Salatiga sudah melakukan pengecekan kertas suara sebelum dan sesudah dicetak. Hal ini untuk memastikan kecocokan jumlah pesanan serta desain yang sudah disetujui dan ditetapkan oleh KPU Salatiga.

Anggota KPU Salatiga yang mengecek ke Malang yaitu Ketua KPUD Salatiga Putnawati, dan komisioner bidang pantarlih Saemuri Albab dan komisioner bidang hukum Suryanto. Mereka juga didampingi anggota Panwaslu Salatiga Agung Mursito, Ahmad Dhomiri, serta anggota Bawaslu Jateng Teguh Purnomo.

Saemuri mengatakan, sesuai regulasi, jumlah kertas surat suara yang dicetak sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kota Salatiga yaitu sebanyak 129.930 kertas suara plus tambahan 2,5 persen sebagai cadangan.

Pemeriksaan menyeluruh terkait jumlah surat suara, gambar, tulisan dan warna. “Maka hasil pemeriksaan kita tandatangani disaksikan Panwaslu dan Bawaslu Jateng,” jelasnya.

Dijelaskan dia, foto calon pada kertas suara berasal dari masing-masing pasangan, namun pigura merupakan ketentuan KPU. “Setelah kami cek dan semuanya sesuai, maka tinggal proses cetak. Insya Allah Jumat besok (hari ini, red) sudah bisa sampai ke Salatiga,” imbuhnya.

Anggota Panwaslu Salatiga Agung Mursito mengatakan, pengecekan untuk memastikan jumlah surat suara, desain dan spek yang sudah ditetapkan KPU Salatiga. “Kami dari Panwaslu Salatiga dan Bawaslu Jateng bersama KPU Salatiga ikut mengecek kertas suara sebelum dan sesudah dicetak sebagai bagian dari pengawasan proses Pilkada,” ujarnya. (sas/ton)

Latest news

Related news