31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Pembebasan Lahan Serap Rp 8,8 Miliar

PEKALONGAN-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Pekalongan menyediakan anggaran sebesar Rp 8,8 miliar pada tahun APBD 2017 ini. Anggaran tersebut untuk membebaskan lahan warga pada tiga proyek. Yakni proyek pembangunan jalan akses ke interchange Jalan Tol Pemalang-Batang, jalan tembus Jalan Yudistira-Bandengan, dan pelebaran Jalan Kuripan Lor.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga pada DPU dan PR Kota Pekalongan, Bambang Sugiharto, dana sebesar itu untuk pembebasan lahan jalan akses ke interchange sebesar Rp 7 miliar, jalan tembus Yudistira-Bandengan Rp 1,5 miliar, dan pelebaran Jalan Kuripan Lor Rp 300 juta.

“Pembebasan lahan tersebut tidak berdampak pada permukiman warga. Pasalnya lahan yang akan dibebaskan adalah wilayah persawahan dan tambak. Meski demikian, saat ini sudah mulai dilakukan sosialisasi kepada warga,” kata Bambang, Rabu (11/1) kemarin.

Sementara itu, pembebasan lahan untuk jalan akses ke interchange jalan tol Pemalang-Batang sudah dilakukan sejak tahun lalu. Ia menyebutkan bahwa DPU sudah mengeluarkan sekitar Rp 6,4 miliar untuk pembebasan lahan warga. Dengan alokasi dana Rp 7 miliar, pihaknya akan fokus ke arah selatan terlebih dahulu.

“Tahun ini masih proses pembebasan. Bahkan pembebasan lahan juga masih belum selesai dan akan dianggarkan tahun depan. Untuk pembangunan setelah semuanya selesai dibebaskan. Mudah-mudahan tahun depan bisa dimulai,” paparnya.

Selain pembebasan lahan, ia juga menyebutkan untuk masalah infrastruktur, pemerintah mengalokasikan sebesar Rp 47 miliar, yakni Rp 17 miliar dari Dana Anggaran Khusus (DAK) dan Rp 30 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017. “Total rencana tahun 2017, DAK sebesar Rp 17 miliar untuk 6 paket, antara lain perbaikan Jalan Truntun, Jalan Jlambrang, Jalan Bahagia, Jalan Jetayu, Jalan Ahmad Dahlan dan Jembatan Kali Baros,” sebutnya.

Sedangkan untuk APBD dengan anggaran Rp 30 miliar ada 11 paket. Di antaranya, peninggian Jalan Selat Karimata, Jalan Kusuma Admadja, Jalan Argopuro dan Jalan Jaka Tingkir. Kemudian perbaikan Jalan Sultan Sahrir, Jalan Samanhudi, Jalan Tembus Kali Baros, Jalan Cut Manggar, dan Jalan HOS Cokroaminoto. Teknopolitan di Pasar Kuripan, pengadaan Jalan tembus Yudistira Bandengan, jumlahnya sekitar 11 paket. “Akan segera kami lelang secepatnya, karena jalan-jalan yang rusak sudah harus diperbaiki,” tandasnya. (tin/ida)

Latest news

Related news