31 C
Semarang
Rabu, 5 Mei 2021

Dewan Minta Lelang Pekerjaan Segera Dilaksanakan

KENDAL—DPRD Kendal meminta Bupati Kendal untuk segera melakukan lelang pekerjaan di Pemkab Kendal yang telah dianggarkan APBD 2017. Sehingga, pekerjaan pembangunan terutama yang menyangkut infrastruktur bisa maksimal.

Demikian dikatakan anggota DPRD Kendal, Rubiyanto. Menurutnya, paling lambat akhir Maret 2017 pekerjaan fisik di Kendal harus sudah ada yang mulai dikerjakan.

“Semula para dewan di DPRD Kendal meminta agar dikerjakan lebih awal, Januari atau Februari sudah ada pekerjaan fisik yang dikerjakan, terutama perbaikan infrastruktur jalan,” katanya, Rabu (11/1) kemarin.

Permintaan tersebut, lantaran APBD Kendal tahun anggaran 2017 ini sudah ditetapkan sejak akhir November 2016. Sehingga speling waktu, dua atau tiga bulan semestinya, lanjut Rubi, sudah bisa dikerjakan. “Paling tidak, lelang sudah mulai, jadi Maret sudah ada yang dikerjakan,” jelasnya.

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kendal, Sudaryanto mengatakan bahwa pihaknya optimistis dapat melaksanakan sesuai yang direkomendasikan pihak legislatif. Pasalnya, semua hal yang berkaitan dengan proses lelang pekerjaan sudah dipersiapkan. Terutama melakukan koordinasi dengan organisasi perangat daerah (OPD) yang ada di Kendal.

Daryanto mengatakan bahwa pihaknya sudah mulai mengirim surat edaran (SE) yang ditandatangani Sekda Kendal atas nama bupati ke semua OPD di Kendal. Isi dari SE tersebut yakni agar semua OPD menayangkan paket-paket yang akan dikerjakan di anggaran 2017.

“OPD juga kami minta untuk segera mempersiapkan organisasi pelaksana pengadaan atau pelaksana kegiatan yang terdiri atas Surat Keputusan (SK), seperti SK Pengguna Anggaran, SK PPKom, SK PPTK, SK Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) dan lainnya. SK ini segera dibuat agar pejabat-pejabat yang ditunjuk tersebut, dapat dilaksanakan kegiatannya,” tambahnya.

Selain itu, dalam SE juga OPD diminta agar kegiatan-kegiatan yang sudah ada perencanaannya, segera didaftarkan ke ULP. Sedangkan kegiatan yang belum ada perencanaannya, diminta untuk segera dilaksanakan atau membuat perencanaannya, baik melalui konsultan maupun oleh OPD tersebut.

Kemudian bagi OPD-OPD yang ada pengadaan barang dan jasa juga diminta segera menyusun jenis kebutuhan barang, spesifikasi dan HPS. Sehingga barang tersebut dapat segera dilelangkan maupun dilakukan pengadaan.

“Kami optimistis tahun ini pekerjaan-pekerjaan bisa dilaksanakan sesuai yang diharapkan. Sebagaimana arahan Bupati, agar semua pekerjaan segera dilaksanakan. Dengan demikian, bisa segera dirasakan atau dinikmati masyarakat,” tambahnya. (bud/ida)

Latest news

Related news