Harga Cabai Mahal, Buat Pembibitan

  • Bagikan

DEMAK-Tingginya harga cabai membuat petani ramai-ramai menanam dan membuat pembibitan cabai. Hasilnya, omzet penjualan cabai bisa meningkat 50 persen.

Seperti diketahui, harga cabai di pasar tradisional di Demak berkisar antara Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu perkilogramnya. Kondisi ini membuat petani cabai bergembira. Petani di Desa Kedungori, Kecamatan Dempet melihat peluang naiknya harga cabai ini untuk mendulang untung.

Ratmi, 45, warga Kelurahan Kadilangu, Kecamatan Demak Kota jauh-jauh datang ke Desa Kedungori untuk membeli bibit cabai tersebut. “Akan saya tanam di belakang rumah saya,” katanya.

Senada disampaikan Mukhlisin, warga Buyaran, Kecamatan Karangtengah. Menurutnya, harga cabai melambung. Karenanya perlu kreatif untuk menanam sendiri. “Lebih efektif dan ngirit,” katanya.

Sementara, petani cabai, Diah, warga Desa Kedungori mengatakan bahwa sudah 3 tahun ini dirinya mengelola pembibitan cabai dan sayuran. “Omzetnya meningkat sampai 50 persen,” katanya.

Biasanya, kata dia, hanya mampu menjual sebanyak 50 rak. Kini, dibantu 2 karyawan mampu menjual 75 rak. “Isinya 400 bibit cabai. Harganya Rp 300 perbibit,” ujarnya. (hib/ida)

  • Bagikan