31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Beri Ruang Anak untuk Kembangkan Potensi

SEMARANG – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi dasar bagi perkembangan pendidikan yang akan dilampaui anak berikutnya. Sehingga perencanaan yang matang harus dilakukan untuk membangun pendidikan yang terprogram, baik jangka panjang maupun menengah.

Kepala PAUD Terpadu Laboratorium Belia IKIP Veteran Semarang, Luluk Elyana mengatakan, sistem yang dapat digunakan para guru dalam mendidik anak adalah dengan memberikan stimulasi dan kesempatan bagi anak untuk berinisiasi dan berkreasi serta belajar sesuai dengan minat yang terarah. ”Sehingga anak mendapatkan ruang dalam mengembangkan potensinya sebaik mungkin dalam usia emasnya,” ujarnya.

Dalam kunjungan akademis di PAUD Terpadu Laboratorium Belia IKIP Veteran Semarang, Suko, pengelola TK Wira Putra mengatakan bahwa guru memang harus paham betul bahwa PAUD adalah belajar seraya bermain dan bermain seraya belajar. Sehingga, pembekalan kepada para guru ini menjadi penting untuk dapat mempersiapkan pendidikan anak sedari awal dengan sebaik mungkin.

”Kunjungan akademis ini kami harapkan dapat menambah wawasan dan khasanah pengetahuan serta manfaat praktis dalam pendidikan anak usia dini,” ujarnya setelah mendapatkan pembekalan materi berupa metode pembelajaran sentra dan lingkaran dengan penanaman pendidikan karakter serta muatan lokal. (sga/zal/ce1)

Latest news

Related news