31 C
Semarang
Minggu, 16 Mei 2021

Hari Ini, Pejabat Klaten Dilantik

SEMARANG – Setelah sekian lama tertunda, akhirnya ratusan pejabat di Pemkab Klaten untuk mengisi Satuan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru, akan dilantik hari ini, Kamis (12/1) di pendopo kabupaten setempat. Praktis, birokrasi pemerintahan akan segera kembali normal dan pelayanan masyarakat tidak terganggu.

Sekda Jateng, Sri Puryono menjelaskan, pengukuhan 700 pejabat tersebut akan dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Klaten, Sri Mulyani. ”Saya sudah mendapat laporan, para pejabat di sana sudah siap dikukuhkan. Pak Gubernur dipastikan akan hadir. Saya juga sudah perintahkan agar keamanan diperketat,” ucapnya, Rabu (11/1).

Seperti diketahui, seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkab Klaten seharusnya dilantik 30 Desember 2016 silam. Tapi gagal gara-gara Bupati Klaten Sri Hartini harus berurusan dengan pihak berwajib karena tepergok oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lewat operasi tangkap tangan (OTT).

Sebelumnya, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menjelaskan, sebelum pengukuhan, perlu reassessment atau  penilaian ulang seluruh pejabat pemkab. Dari hasil reassessment tersebut, bisa ditentukan pejabat mana yang paling cocok menjabat di SKPD. ”Akan ketemu right man on the right place,” ucapnya.

Selain itu, penilaian ini diharapkan juga mampu mengubah sekaligus melakukan reformasi di internal birokrasi Pemkab Klaten. ”Saya anjurkan reassessment ini menggunakan pola seperti yang sudah dilakukan Pemprov Jateng. Yaitu lewat panitia seleksi agar bisa fair. Ini momentum pemerintah agar bisa berubah menjadi lebih baik,” tegasnya. (amh/zal/ce1)

Latest news

Related news