31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Terekam CCTV, Pencuri Minimarket Dibekuk

BATANG – Har,58, warga  Kelurahan Poncol Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan, ditangkap Tim Opsnal Satreskrim Polres Batang. Pria paruh baya tersebut, ditangkap karena kepergok mencuri di sebuah minimarket. Pelaku ditangkap, setelah dengan pede nya mengulang perbuatannya, di minimarket yang sama, yaitu Koperda Kantor Kemenag Kabupaten Batang di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Watesalit, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang.

Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono, menjelaskan penangkapan pelaku pencurian, berkat kejelian polisi, yang sebelumnya telah melakukan penyelidikan dengan menyamar sebagai pembeli. Setelah mengantongi data dari rekaman CCTV. “Saat kami melakukan penyelidikan, ternyata pelaku mengulangi perbuatannya. Akhirnya Har berhasil ditangkap di minimarket yang sama,” ucap Kapolres Minggu (8/1/).

Lebih lanjut dijelaskan Kasat Reskrim AKP Suhadi, kejadian berawal, pada Kamis 8 Desember 2016 dan Selasa 3 Januari 2017 sekitar pukul 10.00 (sesuai rekaman CCTV). Pelaku datang ke minimarket Koperda Kemenag Kabupaten Batang dengan memakai baju dan celana serta helm yang sama.

Pelaku berpura-pura membeli beberapa barang, namun sebagian barang dimasukkan ke dalam celana yang sudah dimodifikasi (dibuat besar) dan sebagian dibayar di kasir. Siang hari menjelang minimarket ditutup barang didata ulang untuk mencocokan stok, jumlah barang terjual dengan uang yang ada terjadi selisih. Karena penasaran, pengelola kemudian melihat rekaman CCTV, ternyata ada pembeli yang mencurigakan. Selanjutnya kejadian tersebut dilaporkan ke Satreskrim.

“Saat penangkapan, dengan santainya pelaku kembali memakai baju dan celana serta helm yang sama masuk ke minimarket tersebut. Seperti biasa, berpura pura membeli beberapa barang layaknya seorang pembeli, namun ternyata sudah mengambil barang lebih,” ujar Kasatreskrim.

Seteah dipastikan, pelaku melakukan pencurian, petugsa dengan sigap langsung menangkap pelaku di tempat. Disamping mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa  satu buah baju warna hijau, satu buah celana warna hitam yang sudah dimodifikasi dan helm warna merah merk DNS serta satu unit motor supra warna hitam G 3016 RA.
Saat diinterogasi, pelaku mengaku semua barang yang diambil di dua aksinya awal sudah habis dipakai. (han/ric)

Latest news

Related news