31 C
Semarang
Senin, 17 Mei 2021

Hijaukan Lingkungan, Tanam Sejuta Pohon

SALATIGA-Gerakan cinta lingkungan kembali diwujudkan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Minggu (8/1), dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-71, digelar acara penanaman pohon. Kegiatan dipusatkan di halaman kampus III IAIN Jalan Lingkar Baru, Kelurahan Pulutan, Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga.

“Semoga dengan kegiatan penanaman sejuta pohon ini nantinya bisa dinikmati oleh anak cucu kita. Pohon juga bisa dijadikan sebagai sumber mata air, penyerapan oksigen, yang tentunya sebagai laboratorium alam,” kata Penjabat Wali Kota Salatiga Achmad Rofai dalam sambutannya.

Dia juga mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya, program ini diharapkan akan terus dilakukan sehingga nanti kawasan Salatiga bisa menjadi wilayah yang hijau. “Saya juga berharap kepada warga masyarakat jika memiliki lahan yang belum dimanfaatkan sebaiknya dilakukan penaman pohon. Selain akan menciptakan kualitas udara yang lebih bagus, banyaknya pohon ini juga membuat kawasan menjadi sejuk,” ungkapnya.

Rektor IAIN Salatiga Rahmad Haryadi mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan keindahan dan keberagaman terbesar di dunia. Ia berharap generasi masa depan dapat menikmati keindahan, sama seperti yang sedang terjadi saat ini. Melalui inisiatif untuk melestarikan hutan, keanekaragaman satwa, air, energi, udara bersih, serta solusi ramah lingkungan di seluruh sektor usaha, maka keindahan Indonesia dapat terjaga.

“Penanaman ini juga bertujuan agar kita semua sadar bahwa pohon sangat memiliki peranan penting dalam keseimbangan lingkungan,” kata Rahmad. (jks/ton)

Latest news

Related news