31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Masih Banyak Guru Belum Sarjana

SEMARANG – Tuntutan kesejahteraan guru belum diimbangi dengan kualitas. Pasalnya masih ada beberapa guru belum memiliki gelar sarjana namun sudah diberikan tanggung jawab mengajar.

”Perhatian pemerintah kepada guru harus diimbangi dengan kemampuan guru yang memadai. Tidak hanya menuntut pemerintah untuk memperhatikan kesejahteraannya, namun guru harus terus meningkatkan kemampuan,” ujar Prof Dr Tri Joko Raharjo MPd, Wakil Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) usai memberikan pembekalan kepada sejumlah 547 calon guru di Universitas IKIP Veteran, Semarang.

Ia mengatakan, para guru yang belum memiliki ijazah ini harus kuliah lagi untuk bisa memenuhi kompetensi. Sehingga peningkatan kesejahteraan dapat sejalan dengan kemampuan yang dimiliki guru. Tentunya, harus ada dukungan dari lembaga-lembaga terkait untuk hal ini.

”Setelah memiliki ijazah, guru juga harus memiliki kemampuan meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik. Dengan ketiga hal itu, dalam mendidik siswa dapat dilakukan dengan baik oleh para guru,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Rektor III IKIP Veteran Drs Tri Yanto, MSi menambahkan, bekal untuk para calon guru menjadi penting mengingat ke depan mereka akan mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapat dari kampus di masyarakat.

”Minimal mereka harus mengetahui 4 kompetensi yang harus dimiliki. Yaitu pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Itu harus dimiliki seorang guru,” ujarnya. (sga/ric/ce1)

Latest news

Related news